Kota Magelang peringati Hari Batik Nasional

id pemkot magelang, hari batik nasional

Kota Magelang peringati Hari Batik Nasional

Ketua Dekranasda Kota Magelang Yetty Biakti Sigit Widyonindito (kiri) menerima kenang-kenangan dari Peguyuban Batik Kota Magelang, Minggu (21/10). (Foto: Dok. Humas Pemkot Magelang)

Magelang (Antaranews Jateng) - Paguyuban Batik Kota Magelang bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkot Magelang memperingati Hari Batik Nasionial melalui sejumlah kegiatan bertajuk "Mekar Moncer Batik Kota Magelang".

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Wanita Kota Magelang, Minggu itu, antara lain berupamewarnai motif batik oleh anak-anak Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar dengan peserta 85 orang, mendengarkan dongeng anak, dan peragaan busaya menampilkan batik khas daerah setempat.

Peragaan busana diikuti perajin batik dan perancang busana Kota Magelang, sedangkan bertindak selaku model dalam peragaan itu kalangan Duta Wisata kota setempat.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Pemkot Magelang Sri Rejeki Tentamiarsih di sela acara itu, mengatakan seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan secara mandiri oleh Peguyuban Batik Kota Magelang.

Beberapa instansi yang hadir, di antaranya pihak Disperindag Pemkot Magelang, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Pemkot Magelang, Tim Penggerak PKK Kota Magelang, Dinas Tenaga Kerja Pemkot Magelang.

Ketua Dekranasda Kota Magelang Yetty Biakti Sigit Widyonindito mengapresiasi kegiatan tersebut dengan harapan mendorong perajin batik setempat meningkatkan kreativitas mereka.

Karya batik Kota Magelang, ujar dia, pada masa mendatang terus dikembangkan dan dilestarikan sehingga mampu bersaing dengan batik dari daerah lain. (hms)
 
Pewarta :
Editor: Zuhdiar Laeis
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar