ASN Kota Magelang kampanye gerakan cuci tangan

id gerakan cuci tangan

ASN Kota Magelang kampanye gerakan cuci tangan

Kalangan ASN Pemkot Magelang kampanye gerakan cuci tangan pakai sabun dalam peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Senin (15/10). (Foto: Dokumen Humas Pemkot Magelang)

harapan tercipta kebiasaan mencuci tangan pakai sabun, baik untuk ASN maupun tamu-tamu yang datang ke kantor Pemerintah Kota Magelang
Magelang (Antaranews Jateng) - Kalangan aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintahan Kota Magelang mengampanyekan gerakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dalam memperingati Hari Cuci Tangan sedunia.

"Khusus hari ini, para ASN melakukan cuci tangan menggunakan sabun usai apel pagi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang Fatma Murtiningsih di Magelang, Senin.

Selain di lingkup Kantor Setda Kota Magelang, katanya, gerakan CPTS juga dilaksanakan di puskesmas se-Kota Magelang.

Ia menuturkan CTPS merupakan kampanye tingkat global bekerja sama dengan organisasi-organisasi, baik pemerintah maupun swasta. CTPS salah satu tindakan perilaku hidup bersih dan sehat.

"Membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun bertujuan memutuskan mata rantai kuman. Selain itu, dapat juga mencegah penyakit-penyakit menular seperti diare, muntaber, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), flu burung, dan influenza," katanya.

Penyuluh Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Magelang Sony Suharto mengatakan gerakan CTPS yang benar menurut WHO meliputi enam langkah, yakni usap telapak tangan, usap punggung tangan bergantian kanan dan kiri, gosok sela-sela jari, empat jari saling mengkait, gosok ibu jari, dan terakhir gosok kuku-kuku jari.

Dalam kampanye CTPS tahun ini, Dinkes Kota Magelang bekerja sama dengan Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS).

IUWASH PLUS adalah bagian dari program United States Agency International Development (USAID). IUWASH PLUS juga merupakan lembaga hibah untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkatkan akses air minum dan layanan sanitasi serta perbaikan perilaku higienis yang adil dan setara bagi masyarakat miskin serta kelompok rentan di perkotaan.

"Bersamaan dengan peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini, IUWASH PLUS menghibahkan 10 gentong air untuk cuci tangan yang nantinya akan diletakkan di lingkup Kantor Setda Kota Magelang, dengan harapan tercipta kebiasaan mencuci tangan pakai sabun, baik untuk ASN maupun tamu-tamu yang datang ke kantor Pemerintah Kota Magelang," katanya.

Fasilitator IUWASH PLUS Muchtar mengatakan target IUWASH PLUS pada 2019 adalah 100-0-100 untuk Indonesia Bersih dan Sehat.

"Yakni 100 persen akses air minum, nol persen kawasan kumuh, dan 100 persen sanitasi layak harus tuntas," katanya. (hms)
 
Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar