Small MPV Mitsubishi Punya Rasa Lancer Evo

id small mpv mitsubishi punya rasa lancer evo

Small MPV Mitsubishi Punya Rasa Lancer Evo

Tampilan depan dan samping Small MPV terbaru Mitsubishi. (ANTARA News/Alviansyah)

Jakarta, ANTARA JATENG - Small MPV Mitsubishi yang akhirnya secara eksklusif diungkapkan pertama kali ke awak media pada Senin 24 Juli di Jakarta, punya rasa sedan Lancer Evo dan SUV Pajero.

Small MPV Mitsubishi tersebut mengadopsi setelan Evo untuk suspensi depan dan belakang demi mendapatkan rasa performa ala sedan.

Hal itu dikemukakan Senior Executive Officer Corporate General Manager Design Office MMC, Tsunehiro Kunimoto, kepada sejumlah wartawan Indonesia yang diundang untuk merasakan kendaraan baru tersebut di fasilitas uji coba di Okazaki, Nagoya, Jepang akhir pekan lalu.

Mitsubishi belum mengumumkan nama kendaraan small MPV tersebut. Rencananya model tersebut diluncurkan pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS), tepatnya 10 Agustus 2017.

Small MPV ini juga tampilannya punya citra Pajero yang handal dalam kendali dan melindungi.

"Desain tampak depan Mitsubishi-ness, kami menyebutnya 'Dynamic Shield', kombinasi dari penampilan yang bertenaga dan melindungi," kata Kunimoto.

Di bagian dalam, terutama di dasbor, kesan horizontal ditekankan lewat garis dan letak tombol-tombol.

Kesan horizontal menurut Mitsubishi membantu pengemudi mengetahui lebih baik posisi kendaraannya serta memberi kesan lebih luas.  

Dalam kesempatan yang sama, Kepala teknik kendaraan di Mitsubishi Motors, Ryu Ashikawa, mengemukakan small MPV mereka dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna yang ingin kabin luas, kabin yang senyap, punya berbagai konfigurasi kursi, hemat BBM, dan bisa membawa banyak barang.

Mitsubishi Motors pun mengirim insinyur-insinyurnya secara berkala ke Indonesia, bekerja sama dengan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan mengadakan survei untuk membuat kendaraan yang paling cocok untuk kebutuhan Indonesia.

Mitsubishi menyebut kendaraan mereka adalah standar tertinggi di kelasnya dengan ruang nyaman untuk tujuh penumpang. 

Small MPV ini diklaim memiliki ukuran yang lebih lebar dan lebih besar dari mobil-mobil lain di kelasnya.

"Lebih besar, tapi bobotnya lebih ringan dari kompetitor," kata Ashikawa.

Small MPV Mitsubisi memiliki dimensi panjang 4,475m, lebar 1,750m dan tinggi 1.700m serta dibekali mesin 1.500 cc berbahan bakar bensin dengan sistem penggerak roda depan.

Perbedaan lain dibanding kompetitor, Mitsubishi small MPV ini punya letak air intake yang tinggi sehingga lebih aman untuk medan permukaan jalan Indonesia yang beraneka ragam.

"Tapi bukan berarti kendaraan ini untuk offroad atau ekstrem ya," kata seorang staf Mitsubishi.


Kabin senyap

Saat uji coba di sirkuit Okazaki tersebut, Mitsubishi menyediakan beberapa model, walau sebagian besar masih diberi "baju" kamuflase di bagian belakang dan depan.

Antaranews mendapat kesempatan mencoba varian yang menggunakan fitur nirkunci dan bertransmisi otomatis serta model berkunci fisik dan transmisi manual.

Tampilan pada dasbor dan petunjuk digital sudah menggunakan bahasa Indonesia sehingga langsung memberi kesan akrab bagi pengemudi.

Dasbor dengan tombol dan fitur yang tidak jauh berbeda dengan Pajero, terdapat seperti tombol AC dan layar tengah. 

Pengaturan tombol yang mudah dan jelas tersebut membuat pengemudi segera dapat mengeset berbagai pengaturan seperti suhu di dalam kendaraan serta audio.

Mobil ini juga diklaim terasa lebih senyap dari dalam dibandingkan saingan-saingannya, hal ini berkat beberapa pembenahan di bagian mesin yang dapat mengurangi suara serta pembenahan bodi, misalnya kaca yang lebih tebal di bagian depan dan belakang, seal ganda di tiap pintu, dan lain sebagainya.

Deru mesin memang terasa lebih senyap di dalam kabin saat kendaraan dipacu di trek lurus, bahkan di permukaan jalan non-aspal, gemuruh ban saat beradu dengan tanah dan kerikil pun terdengar halus-halus saja.

Mitsubishi memaparkan grafik uji kebisingan di dalam kabin yang menunjukkan mereka unggul dalam kesenyapan dibandingkan kompetitor.  

Model baru ini akan diproduksi di pabrik baru Mitsubishi Motors, yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat.
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar