Magelang (ANTARA) - Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sebanyak 1.014.525 pemilih, terdiri atas 506.239 laki-laki dan 508.286 perempuan.

Penjabat Bupati Magelang Sepyo Achanto di Magelang, Jumat, mengungkapkan pada Pemilu 2024 tingkat partisipasi pemilih di daerah ini mencapai 90,1 persen.

"Pada Pilkada 2024 dapat dipertahankan, atau bahkan ditingkatkan," kata Sepyo Achanto pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPT Tingkat Kabupaten Magelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magelang 2024 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Magelang.

Menurut dia, penetapan DPT ini menjadi acuan jumlah pemilih yang akan menggunakan hak pilih di daerah ini, sekaligus acuan pemenuhan kebutuhan logistik pemilihan, terutama surat suara yang harus disediakan oleh KPU. Setiap TPS akan menerima surat suara sejumlah DPT plus 2,5 persen sebagai cadangan.

"Atas nama pemerintah serta masyarakat Kabupaten Magelang, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KPU yang telah melaksanakan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih ini sehingga DPT ini menjadi komprehensif, akurat, dan mutakhir untuk Pilkada 2024 yang demokratis dan berkeadilan," katanya.

Dengan tagline Guyub lan Rukun Mbangun Magelang menginginkan terus bersama-sama menjaga sinergitas yang telah terjalin, baik antara seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dan KPU demi suksesnya Pilkada 2024.

Ketua KPU Kabupaten Magelang Ahmad Rofik menyebutkan jumlah DPT sebanyak 1.014.525 pemilih tersebar di 2.011 tempat pemungutan suara (TPS).

Dari 21 kecamatan yang ada, kata Ahmad Rofik, jumlah pemilih terbanyak di Kecamatan Mertoyudan sebanyak 84.909 orang yang tersebar di 13 desa dengan 160 tempat pemungutan suara (TPS).

Sementara itu, jumlah pemilih paling sedikit di Kecamatan Ngluwar sebanyak 25.477 orang dengan 49 TPS tersebar di delapan desa.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024