Temanggung (ANTARA) - Bakal Calon Wakil Bupati Temanggung Nadia Muna menggelar kegiatan bakti sosial berupa pos pelayanan cek kesehatan gratis bagi masyarakat.

Nadia di Temanggung Minggu, menyampaikan, pada kegiatan yang dihelat bersamaan dengan Car Free Day (CFD) di Temanggung tersebut juga membagi-bagikan paket sikat gigi gratis kepada anak-anak yang berada di sekitar lokasi.

Puluhan warga masyarakat dari berbagai elemen, rela mengantre guna memperoleh layanan cek kesehatan gratis. Antara lain cek kadar gula darah, cek tekanan darah, asam urat, hingga pembagian obat-obatan sederhana.

Dengan dibantu para tenaga medis ahli, dia yang sehari-hari berprofesi sebagai dokter gigi tersebut ikut terjun langsung dalam proses pelayanan.

Tidak hanya pemberian layanan cek kesehatan gratis, ia juga berkeliling area CFD guna membagi-bagikan puluhan paket berisi sikat dan pasta gigi gratis kepada anak-anak yang berada di sekitar lokasi.

Ia menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah ingin mengabdikan diri kepada masyarakat sesuai dengan profesi yang melekat pada dirinya. Selain itu, ia juga ingin mengajak seluruh elemen masyarakat agar lebih meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan masing-masing.

“Sebenarnya kedua kegiatan tadi, baik penyediaan layanan cek kesehatan dan pembagian paket sikat gigi gratis bagi anak-anak ini, sebelumnya sudah saya jalankan berulang kali. Nah, untuk wilayah Temanggung kota baru perdana ini," katanya.

Ia mengungkapkan, sejauh ini memang masih banyak masyarakat yang kurang peduli terhadap kondisi kesehatan. Termasuk di dalamya kesehatan gigi usia anak. Ia ingin tingkat kepedulian atas kesehatan di Kabupaten Temanggung terus meningkat.

"Ini adalah bentuk pengabdian saya kepada masyarakat, sebagai seorang yang berkecimpung di dunia medis," katanya.

Ia menyampaikan, kedua agenda kegiatan bakti sosial seperti ini akan terus digelar secara kontinyu setiap sepekan sekali di tempat-tempat yang banyak aktifitas warga , termasuk CFD.

Masyarakat sendiri mengaku cukup terbantu dengan agenda pos layanan cek kesehatan gratis ini. Karena, hal ini semakin mempermudah mereka dalam mengetahui kondisi kesehatan masing-masing.

“Ya sangat terbantu, karena memang terkadang untuk pengecekan kondisi kesehatan seperti ini, kami harus menempuh jarak tertentu ke lokasi-lokasi pelayanan medis. Apalagi ini tadi gratis," kata seorang warga bernama Meifi.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024