Semarang (ANTARA) - Sebanyak 120 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah periode 2024–2029 resmi dilantik di Gedung DPRD Jawa Tengah, Semarang, Selasa.

Bertempat di lantai empat gedung wakil rakyat yang biasa disebut Gedung Berlian itu, para anggota DPRD Jateng menjalani prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang dilakukan hakim Pengadilan Tinggi.

Dalam pelantikan tersebut, Sumanto ditetapkan sebagai ketua sementara DPRD Jateng dan Sarif Abdillah sebagai wakil ketua sementara.

Sementara itu, pimpinan rapat paripurna yang juga Wakil Ketua DPRD Jateng periode 2019-2024 Sukirman mengucapkan selamat kepada 120 anggota caleg yang baru dilantik.

Ia berharap para wakil rakyat yang telah resmi dilantik itu dapat meneruskan kinerja periode sebelumnya untuk lebih baik.

Sumanto sebagai pimpinan sementara DPRD Jateng juga berharap para legislator yang baru dilantik bisa segera menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengemban amanat rakyat.

Setelah pelantikan, agenda selanjutnya adalah pembentukan pimpinan sementara yang tugasnya pembentukan tata tertib, kemudian alat kelengkapan DPRD.

Berdasarkan hasil Pemilihan Umum 2024, PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh suara terbanyak, yakni PDI Perjuangan dengan 27,5 persen (33 kursi) dan PKB 16,6 persen (20 kursi).

Kemudian, disusul Partai Gerindra dan Golkar masing-masing mendapat 14,16 persen (17 kursi), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 11,6 persen (11 kursi).

Partai Demokrat meraih 5,83 persen (7 kursi), PPP 5 persen (6 kursi), PAN 3,3 persen (4 kursi), NasDem 2,5 persen (3 kursi), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 1,67 persen (2 kursi).

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana mengharapkan para anggota DPRD Jateng yang baru tersebut dapat amanah menjalankan tugasnya di legislatif.

"Saya minta saudara-saudara dapat menjalin komunikasi dan silaturahmi. Dapat melaksanakan tugas dengan bertanggung jawab untuk masyarakat Jateng," katanya.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024