Boyolali (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boyolali telah melantik 110 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk persiapan penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah serta bupati dan wakil bupati Boyolali 2024, di Pendopo Gede kabupaten setempat, Kamis.

Ketua KPU Kabupaten Boyolali Maya Yudayanti mengatakan dalam melaksanakan pelantikan anggota PPK yang akan bertugas di 22 kecamatan di Kabupaten Boyolali tersebut diikuti 110 anggota PPK dilanjutkan pengucapan sumpah dan janji untuk Pilkada mendatang.

Maya Yudayanti mengatakan anggota PPK Kabupaten Boyolali tersebut akan bekerja untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah serta bupati dan wakil bupati Boyolali 2024 yang akan digelar serentak pada tanggal 27 November mendatang.

Disinggung terkait komposisi PPK Kabupaten Boyolali, pihaknya menjelaskan pada tahun ini, didominasi anggota Pemilu yang lama. Namun, anggota baru juga banyak. Masih banyaknya anggota lama di keanggotaan PPK, karena pihaknya tidak mau sembrono.

"Karena ini, Pemilu, jadi kami tidak bisa sembrono, saya kira seperti itu. Tahapan demi tahapan harus dirancang dengan baik oleh pihak orang yang sudah memiliki pemetaan penguasaan wilayah kecamatan dan sebagainya. Sehingga, tetap memperhatikan baik komposisi lama maupun baru," katanya.

Menurut dia, anggota PPK Kabupaten Boyolali akan langsung bekerja mempersiapkan pemilihan gubernur-wakil gubernur Jateng dan bupati-wakil bupati Boyolali sesuai tahapannya. PPK Kabupaten Boyolali mulai Jumat (17/5), sudah bekerja membantu KPU dalam membentuk panitia pemungutan suara (PPS). Dilanjutkan, pada tanggal 23 Mei 2024, anggota PPK Kabupaten Boyolali diminta melakukan pemetaan tempat pemungutan suara (TPS).

"Mereka melaksanakan tugas-tugas PPK dengan sebaik-baiknya. Jadi kami berharap seluruh jajaran badan penyelenggara bekerja secara baik dan benar mengedepankan integritas," katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali Wiwis Trisiwi Handayani menyampaikan selamat kepada peserta pelantikan. Diharapkan, anggota PPK Kabupaten Boyolali yang baru saja dilantik mampu bekerja secara profesional demi kelancaran Pemilu 2024.

Wiwis Trisiwi mengatakan terkait dengan tugas, segera memberikan mengambil bekal materi atas bagaimana urusan tugas seorang PPK yang akan menyukseskan kegiatan pemilihan baik itu, gubernur wakil gubernur maupun bupati wakil bupati di Kabupaten Boyolali. Target terkait kegiatan aman damai tenteram lancar tiada suatu masalah itu bisa diraih.

Baca juga: Bupati Purbalingga minta PPK Pilkada Serentak 2024 jalin sinergisitas

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024