Cilacap (ANTARA) - Sebanyak 97 jamaah calon haji dari Badan Dakwah Islam (BDI) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap dilepas menuju Tanah Suci. 

Acara simbolis pelepasan jamaah tersebut berlangsung dalam acara Tasyakur dan Pembekalan Akhir Jamaah Calon Haji BDI RU IV di Gedung Patra Graha, Minggu (5/5).

Perwakilan BDI RU IV Cilacap Sukondo Jati melaporkan bahwa ada 97 jamaah calon haji dari BDI RU IV, dengan rincian 36 jamaah merupakan karyawan beserta pasangan masing-masing, 61 orang dari kalangan nonkaryawan beserta pasangan masing-masing, serta 73 jamaah berasal dari KBIHU Miftahul Janaah BDI RU IV. 

"Asal jamaah mencakup berbagai wilayah, termasuk Kecamatan Maos, Kroya, Nusawungu, Cilacap Kota, dan Kecamatan Cipari sebagai yang terjauh," katanya.

Menurut dia, jadwal pemberangkatan jamaah calon haji dari BDI RU IV direncanakan pada Kamis (16/5/2024) pukul 18.00 WIB di komplek Masjid Baiturrahmah Donan. "Selanjutnya, jamaah akan berkumpul di Pendopo Wijayakusuma untuk bergabung dengan jamaah lain dalam satu kloter," tambah Jati.

Salah seorang perwakilan jamaah calon haji, Ahmad Thamrin menyampaikan permohonan maaf serta doa agar seluruh prosesi dan tahapan haji dapat berjalan dengan aman serta lancar. 

"Doa dari seluruh jamaah menjadi penambah semangat sejak keberangkatan, prosesi di Tanah Suci, hingga kepulangan ke tanah air," ujarnya.

Baca juga: Wantanas apresiasi Bank Sampah Abhipraya binaan Kilang Cilacap

Sementara itu, General Manager PT KPI RU IV Cilacap Edy Januari Utama yang diwakili Manager Operation Performance Improvement (OPI) Agus Rahmat Jamal mengingatkan jamaah untuk menjaga kesehatan fisik dan mental dengan baik. 

"Haji tidak hanya membutuhkan persiapan finansial yang matang, juga kondisi fisik yang prima. Mari tetap mantapkan niat dan hanya berdoa kepada Allah SWT agar segala sesuatunya dilancarkan dan dimudahkan," tambahnya.

Agus juga mengajak jamaah untuk mendoakan keselamatan operasional kilang dalam menyediakan energi bagi bangsa. "Kilang Cilacap, dengan kapasitas terbesar mencapai 348 ribu barrel per hari, menyuplai energi sebesar 34 persen untuk kebutuhan nasional dan 60 persen di Pulau Jawa. Doakan agar kilang ini selalu dapat beroperasi dengan baik," katanya.

Pada sesi pembekalan akhir, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Ihsan, Jeruklegi, Cilacap, KH Arwani Amin menyampaikan tausiyah dengan menekankan tiga hal penting yang harus dipegang oleh jamaah dalam menjalankan rukun Islam kelima tersebut. 

"Pertama, bertawakal sepenuhnya kepada Allah SWT, kedua, selalu berbaik sangka kepada-Nya atas segala yang terjadi, dan ketiga, mantapkan diri untuk meraih pahala haji," ungkapnya.

Jumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Cilacap tahun 2024 mencapai 1.315 orang yang terbagi dalam lima kloter, yaitu 20, 21, 22, 23, dan 24. Rencananya, keberangkatan awal akan dilakukan pada tanggal 15 dan 16 Mei 2024.

Baca juga: Pertamina serahkan perahu pertolongan untuk nelayan Cilacap
Baca juga: Sukses berdayakan TKI purna-eks ABK, Kilang Cilacap borong penghargaan internasional
Baca juga: "Local Hero" binaan Kilang Cilacap raih Juara Lomba Cerita Naratif Inspiratif KLHK RI

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024