Solo (ANTARA) - Isu lingkungan menjadi salah satu program kerja yang akan diangkat oleh Rotary Club Indonesia selama satu tahun ke depan.

Distrik Governor Elect (DGE) D3420 Suzana Chandra pada kegiatan di Solo, Jawa Tengah, Jumat, mengatakan pada tahun depan program kerja prioritas yakni soal lingkungan.

"Seperti kebersihan sungai dan lingkungan sekitar, termasuk sosialisasi pemilahan sampah," katanya.

Ia mengatakan saat ini pencemaran air sungai banyak terjadi di kota maupun daerah. Oleh karena itu, pihaknya merasa berkewajiban untuk memberikan lingkungan yang lebih baik bagi generasi selanjutnya.

"Kalau pencemaran air, apa yang terjadi ke anak dan cucu kita. Oleh karena itu, salah satu area fokus Rotary adalah menjaga lingkungan, karena kami ingin menciptakan Indonesia yang lebih baik," katanya.

Ia juga berharap ke depan anak dan cucu dapat tetap menghirup udara bersih.

"Bayangkan ke luar rumah pakai masker, seperti yang belum lama terjadi di Jakarta karena ada polusi. Ini karena kebiasaan buang sampah sembarangan," katanya.

Organizing Committee Chair Amy Kadiono mengatakan pencemaran air yang terjadi di Sungai Bengawan Solo akibat limbah alkohol juga akan menjadi perhatian Rotary Club Solo Raya.

Ia mengatakan beberapa upaya yang sudah dilakukan sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan, salah satunya penghijauan tanaman di sepanjang Kali Pepe.

"Selain itu, juga penghijauan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman," katanya.

Past District Governor D3420 RAy Febri Hapsari Dipokusumo mengatakan program lain yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah memberikan literasi kepada masyarakat.

"Salah satunya kami akan ajak 50 anak SD naik kereta api dari Stasiun Solobalapan ke bandara. Di situ kami memberikan edukasi tentang transportasi perkeretaapian," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyerahkan sebanyak empat unit Omah Baca Nawala ke stasiun KA di Kota Solo.

Baca juga: Omah Baca Nawala ambil bagian pada peningkatan literasi warga Solo

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024