Temanggung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba terhadap para sopir bus dan kru angkutan mudik Lebaran 2024.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Intan Pandanwangi di Temanggung, Rabu, mengatakan pemeriksaan dilakukan di dua tempat yakni di Terminal Madureso dan di garasi PO Safari Dharma Raya (OBL).

"Kami melakukan pemeriksaan kesehatan sopir dan kru, kami memastikan mereka siap kerja dan kondisi kesehatan yang prima," katanya.

Ia menyampaikan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan dalam rangka menjaga keselamatan di jalan raya dan mencegah kecelakaan.

"Hasil pemeriksaan ini adalah, pengemudi dan kru angkutan yang laik untuk menjalankan tugas, bagi yang kesehatan tidak memungkinkan untuk diobati," katanya.

Ia menyebutkan pemeriksaan meliputi kadar gula darah, kadar kolesterol, tekanan darah, buta warna dan narkoba.

Diterangkan, selain pemeriksaan kesehatan pihaknya juga memberi edukasi dalam menjaga kesehatan dan memberikan obat-obatan bagi yang sakit.

"Untuk menjaga stamina kami juga memberi vitamin," kata dia.

Untuk tes narkoba petugas dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung melakukan tes urine.

Seorang pengemudi Agus Cahyo mengatakan pemeriksaan kesehatan sangat membantu karena menjadi tahu kondisi badan sehingga bisa mempersiapkan diri sebelum berangkat.

"Saya berangkat mengemudi Jumat, saya mendapat vitamin untuk menjaga stamina. Kondisi kadar darah, asam urat dan tekanan darah bagus. Saya juga negatif narkoba," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024