Purwokerto (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro meminta Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat setempat turut mengawal pendistribusian logistik Pemilu 2024.

"Ini sangat penting agar pendistribusian logistik berjalan lancar," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Pj Bupati mengatakan hal itu saat memimpin Apel Gelar Pasukan dan Kesiapsiagaan Satpol PP dan Satlinmas Kabupaten Banyumas Dalam Rangka Mewujudkan Ketenteraman Masyarakat, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat pada Pemilihan Umum Tahun 2024.

Selain itu, kata dia, Satpol PP dan Satlinmas harus selalu bersinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta komponen lain untuk memberikan dukungan penyelenggaraan pemilu dan pengawasan pemilu melalui kegiatan patroli maupun operasi terhadap gangguan ketenteraman masyarakat serta ketertiban umum.

Oleh karena itu, lanjut dia, kerja sama dengan penyelenggara dan pengawas pemilu yang selama ini telah berjalan dengan baik harus terus dijaga dan ditingkatkan.

Menurut dia, hal itu penting dilakukan untuk memastikan kampanye berjalan aman dan damai serta pengisian personel Satlinmas sebagai pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) dapat berjalan dengan baik.

"Mari bersama kita jaga kualitas penyelenggaraan pemilu ini agar berjalan sesuai dengan kaidah demokrasi, luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia) dan jurdil (jujur dan adil serta bermartabat," katanya.

Ia mengharapkan Satpol PP dan Satlinmas dapat menjadi barisan terdepan dalam melawan racun demokrasi berupa politik uang, ujaran kebencian, maupun isu SARA.

Terkait dengan hal itu, dia meminta seluruh anggota Satpol PP dan Satlinmas untuk berkomitmen dalam kesiapan mewujudkan ketenteraman masyarakat serta ketertiban umum yang diwujudkan melalui kegiatan pencegahan maupun penindakan terhadap gangguan ketenteraman masyarakat dan ketertiban umum dalam berbagai bentuk.

"Saya berharap kehadiran dan keberadaan Satpol PP dan Satlinmas dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat, memberikan rasa nyaman dan tenteram di hati maupun pikiran masyarakat, serta menjadikan Satpol PP dan Satlinmas yang lebih profesional, berintegritas, serta tetap melayani sepenuh hati," kata Pj Bupati.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024