Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap merupakan kilang terbesar Pertamina dengan kapasitas produksi sebesar 348.000 barrel per hari dan memiliki fasilitas terlengkap.

Guna menunjang kelanjutan bisnis, dibutuhkan performa kilang yang stabil melalui perawatan berkala setiap 5 tahun sekali yang biasa disebut Turn Around (TA). 

Dalam menghadapi TA 2024, Kilang Cilacap mengundang seluruh vendor sebagai mitra perusahaan yang tergabung dalam Himpunan Kontraktor Migas Cilacap (HKMC). Kegiatan dikemas dalam asesmen bertema "Vendor Capability Assessment" selama 3 hari di Hotel Aston Inn Cilacap, Selasa-Kamis (17-19/10). 

Manager TA PT KPI RU IV Cilacap Andhika Wiraswastika mengatakan secara kuantitas, RU IV Cilacap memiliki mitra perusahaan lokal terbanyak di antara seluruh RU di wilayah lain. 

"Keberadaan mitra juga dibarengi kapabilitas dan kualitas yang mumpuni, sehingga sebagian vendor lokal Cilacap dibutuhkan di wilayah RU lainnya," ungkapnya.

Baca juga: Binaan Kilang Cilacap antusias ikuti Pameran TEI Pertamina 2023

Ia mengatakan untuk mencapai target TA yang aman, tepat mutu, tepat waktu, tepat biaya, dan ramah lingkungan, semua elemen yang terlibat harus fokus dan bahu-membahu bekerja sama sebagai tim yang solid. 

"Pada kesempatan ini, kami sekaligus melakukan update database terkait kemampuan vendor yang akan selalu berubah seiring waktu dan perkembangan zaman," katanya. 

Dengan adanya asesmen tersebut, dia mengharapkan seluruh vendor dapat merepresentasikan kapabilitas masing-masing di hadapan Tim Panelis, sehingga diperoleh penilaian objektif dan bermanfaat untuk mapping TA 2024. 

Menanggapi hal itu, Ketua HKMC Pandu menyatakan siap memenuhi kriteria persyaratan yang diharapkan oleh Pertamina. "Ini merupakan terobosan baru Pertamina. Alhamdulillah dengan kinerja unggul TA dari tahun ke tahun HKMC teruji menyelesaikan pekerjaan TA dengan baik," tegasnya. 

Di sisi lain, ia juga mengimbau rekan-rekan vendor senantiasa adaptif dan kreatif dalam melahirkan solusi dalam setiap persoalan yang dihadapi. 

Dalam kesempatan itu, seluruh vendor memaparkan presentasi di hadapan Tim Panelis Pertamina, gabungan dari unsur manager, section head, dan expert. Rangkaian asesmen mencakup 10 aspek teknis yang distandarisasi dengan alat bantu terukur dan merepresentasikan penilaian komprehensif.

Baca juga: Kolaborasi lintas "stakeholder", wujud kesiapan Kilang Cilacap hadapi El Nino
Baca juga: Bazma RU IV Cilacap ingatkan peran penting keluarga tanggulangi bahaya narkoba

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024