Semarang (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil(Dispermadesdukcapil) Provinsi Jawa Tengah meraih Dukcapil Prima Award Kategori Kolaboratif dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Melalui keterangan tertulis yang diterima di Semarang, Rabu, penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana pada acara Rakornas Dukcapil yang berlangsung di Hotel Novotel Palembang, Selasa (24/10) malam.

Nana menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Dispermadesdukcapil di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-Jateng atas capaian serta penghargaan yang telah diraih.

Menurut dia, Dispermadesdukcapil Jateng hingga kini secara terus menerus melakukan langkah-langkah kerja sama dan berkolaborasi dengan badan atau lembaga pada penyelenggaraan administrasi kependudukan.

Kolaborasi dan kerja sama yang dijalin, berdampak positif bagi kemajuan kependudukan dan pencatatan sipil.

“Mereka telah melaksanakan kerja keras, ikhlas, dan cerdas, sehingga berhak menerima penghargaan, Dukcapil Prima Award,” ujarnya.

Ia menyebut penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan secara optimal dan maksimal oleh Dispermadesdukcapil Provinsi Jateng maupun Disdukcapil kabupaten/kota.

“Mereka membuat langkah-langkah kerjasama dengan instansi atau lembaga yang ada di Jateng,” katanya.

Berdasarkan catatan Dispermadesdukcapil Provinsi Jateng, dalam setahun pemerintah pusat menargetkan kepada pemerintah daerah untuk minimal menjalin 15 perjanjian kerja sama.

Di wilayah Provinsi Jateng, lanjut dia, sudah terealisasi sebanyak 606 perjanjian kerja sama. Kerja sama yang dijalin, dalam rangka untuk pemanfaatan data kependudukan, yang dilakukan oleh instansi atau OPD pengguna.

Baca juga: Dukcapil DKI memprediksi 40.000 pendatang baru hadir di Ibu Kota

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024