Purwokerto (ANTARA) - Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku memiliki banyak kenangan selama 15 tahun memimpin Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yakni sejak menjabat wakil bupati hingga menjadi bupati dua periode.

"Saya memiliki banyak kenangan bersama masyarakat Banyumas selama 15 tahun ini," katanya di Sasana Krida Raga Satria, kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Satria, Purwokerto, Banyumas, Jumat.

Husein mengatakan hal itu usai memimpin apel yang diikuti ribuan aparatur sipil negara (ASN) dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyumas.

Menurut dia, salah satu kenangan yang tak terlupakan adalah permasalahan sampah yang muncul menjelang berakhirnya masa jabatannya sebagai Bupati Banyumas pada tahun 2018.

Akan tetapi saat sekarang, dia mengaku senang karena permasalahan sampah di Banyumas dapat tertangani dengan baik menjelang berakhirnya masa jabatannya sebagai bupati pada tanggal 24 September 2024.

Bahkan, kata dia, pengelolaan sampah di Banyumas yang terkelola dengan baik tersebut telah diakui dunia khususnya negara-negara ASEAN dan semua dapat terwujud karena tergantung pada bagaimana cara memandang sesuatu hal.

"Kembali lagi, bagaimana cara kita memandang sesuatu hal," tegas Husein.

Dalam apel terakhir menjelang purnatugas, Bupati Husein yang didampingi istri Erna Sulistyawati Husein dan Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono beserta istri Nuraeni Tri Sadewo berkesempatan untuk berpamitan secara langsung dengan ribuan ASN yang menghadiri kegiatan tersebut.
Perjalanan Politik
Sebelum menjadi bupati selama dua periode, Achmad Husein menjabat sebagai Wakil Bupati Banyumas yang mendampingi Bupati Mardjoko pada tahun 2008-2013 setelah menang dalam Pilkada 2008.

Selanjutnya dalam Pilkada 2013, Achmad Husein terpilih sebagai Bupati Banyumas periode 2013-2018 dengan didampingi Wakil Bupati Budhi Setiawan. Demikian pula pada Pilkada 2018, Husein kembali terpilih sebagai Bupati Banyumas periode 2018-2023 dengan didampingi Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono.

Salah seorang mantan Ajudan Bupati Banyumas, Tomi Luqman Hakim mengaku banyak belajar dari sosok Achmad Husein terutama mengenai rasa tulus dan ikhlas untuk mengabdi kepada masyarakat.

Menurut dia, Achmad Husein merupakan sosok yang selalu berinovasi demi kesejahteraan masyarakat Banyumas.

"Bahkan selama ini, beliau mendedikasikan waktunya untuk bekerja sebagai Bupati Banyumas sejak setengah empat pagi (03.30 WIB, red.) hingga tengah malam," kata dia yang kini menjabat Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas.

Ia mengatakan jika sekiranya ada sesuatu yang dirasa masih kurang, Bupati Husein langsung bertindak cepat dan ketika tindakannya tidak berjalan dengan baik akan berinovasi kembali hingga permasalahannya tuntas. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024