Solo (ANTARA) - Puluhan anggota polisi wanita Polres Kota Surakarta, Jawa Tengah, menggelar kegiatan bakti sosial kesehatan dengan donor darah dalam menyambut Hari Ulang Tahun ke-75 Korp Polwan di Markas Polresta setempat, Rabu.

Menurut Kepala Bagian Perencanaan Polresta Surakarta Kompol Dwi Erna Rustanti, selaku Pakor Polwan, kegiatan donor darah yang dilaksanakan seluruh personel Polwan Polresta Surakarta ini merupakan rangkaian dari HUT Ke-75 Polwan yang jatuh pada tanggal 1 September 2023.

"Kegiatan baksos donosr darah diikuti sebanyak 91 personel Polwan itu, yang dapat diambil 75 personel, sedangkan 16 personel lainnya mempunyai HP rendah," kata Dwi Erna Rustanti.

Anggota Polwan sebelum diambil darah untuk didonorkan terlebih dahulu dilakukan pengecekan tensi dan cek golongan darah. Kegiatan ini, merupakan rangkaian HUT Ke-75 Polwan. Selain donor darah, Polwan Polresta Surakarta juga telah melaksanakan beberapa kegiatan baksos lainnya.

"Kegiatan baksos donor darah itu, merupakan bentuk kepedulian Polwan Polresta Surakarta terhadap kebutuhan darah masyarakat khususnya di wilayah Kota Surakarta," katanya.

Pada kegiatan yang mengusung tema "Polri Presisi Untuk Negeri, Polwan Siap Mendukung Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju", diharapkan nantinya dapat berguna bagi masyarakat, dimana hasil dari donor darah yang dilakukan Polwan Polresta Surakarta ini, akan disimpan di PMI Surakarta untuk selanjutnya dipersiapkan bagi warga masyarakat yang membutuhkan.

"Kegiatan sosial seperti ini, tentunya tidak berhenti pada peringatan momen HUT saja, melainkan akan terus dilakukan dalam berbagai aksi sosial lainnya bagi sesama warga yang membutuhkan," katanya.

Pihaknya berharap kegiatan tersebut bisa memberikan motivasi kepada masyarakat agar bisa menyumbangkan darah bagi orang lain yang membutuhkan.

Sementara itu, stok darah di PMI Kota Surakarta, hingga Rabu ini, masih aman, yakni untuk golongan A sebanyak 176 kantong, B sebanyak 288 kantong, O sebanyak 683 kantong, dan AB sebanyak 117 kantong. 

Baca juga: Polres Magelang Kota gelar donor darah sambut Hari Jadi Polwan

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024