Kudus (ANTARA) -
Kepolisian Resor (Polres) Kudus, Jawa Tengah, bersama tim gabungan mengerahkan 330 personel untuk pengamanan malam takbiran menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah di daerah ini.

Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto di Kudus, Jumat, mengatakan bahwa Polres Kudus dan polsek akan bekerja maksimal mengamankan malam takbiran Idul Fitri 1444 Hijriah karena masyarakat akan merayakan dengan penuh kegembiraan setelah dua tahun dibatasi karena pandemi COVID-19.
 
Sebanyak 330 personel itu dari Polres Kudus 228 personel, Kodim Kudus 48 personel, Dishub, dan Satpol PP Kudus masing-masing 27 personel.
 
Ia mengungkapkan bahwa Polres Kudus tidak melarang kegiatan takbir keliling, namun dalam rangka menjaga situasi wilayah tetap kondusif diminta pelaksanaan takbir keliling dilakukan di wilayahnya masing-masing.
 
Harapannya, kata dia, perayaan Lebaran 2023 di Kabupaten Kudus berjalan dengan penuh khidmat.
 
"Kita sudah melakukan imbauan ke masing-masing wilayah untuk mengatur kegiatan takbir keliling," ujarnya.

Baca juga: Kapolres Temanggung: Silakan takbir keliling dengan tertib
 
Selain itu, katanya, masyarakat diminta tidak bermain petasan, perang air, dan mengonsumsi minuman keras selama pelaksanaan takbir karena melanggar aturan dan berpotensi menyebabkan keributan.
 
"Main petasan maupun perang air bisa memancing terjadinya tawuran di malam takbiran," imbuhnya.
 
Dalam menjaga keamanan rumah warga, papar dia, maka Polres Kudus akan mengerahkan tim patroli dari Sat Samapta, polsek, dan Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Muria untuk memantau kawasan perumahan yang ditinggal mudik para penghuni.
 
"Kalau ada (gangguan kamtibmas) kami akan lakukan tindakan tegas," tegas Kapolres.
 
Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kudus AKP Ivan Prabowo menjelaskan sejumlah jalan yang mengarah ke Alun-alun Simpang Tujuh bakal dialihkan pada malam takbir. "Tentunya kami melakukan rekayasa lalu lintas agar tidak arus tak tersendat," katanya..
 
"Ruas-ruas jalan yang akan dialihkan sudah dipersiapkan. Beberapa rambu pengalihan arus lalu lintas sudah terpasang," ujarnya.
 
Adapun ruas jalan yang bakal dialihkan dalam malam takbiran, di antaranya Perempatan SMP 2, Perempatan sleko, Perempatan Jalan dr Ramelan, Proliman Barongan, Perempatan Garuda, Perempatan Gang 4 Kudus, Perempatan Baagil, dan Jalan Habib Ja’far Al-Kaff.

Baca juga: Wali Kota Semarang persilakan kegiatan takbiran keliling
Baca juga: Pemkot Pekalongan izinkan warga lakukan takbir keliling
 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024