Cilacap (ANTARA) - General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Edy Januari Utama mengatakan bulan Ramadhan dengan ibadah utama berpuasa sebulan penuh, hendaknya menjadi penyemangat serta pendongkrak etos kerja dan etos juang, bukan sebaliknya. 

Saat memberi sambutan pada shalat Tarawih perdana dalam rangka Ramadhan 1444 Hijriah di di Masjid Baiturrahim kompleks Perumahan Pertamina Gunung Simping, Cilacap, Rabu (22/3) malam, GM Edy mengatakan bulan suci Ramadhan mengandung banyak keistimewaan di antaranya pahala yang berlipat ganda.

Menurut dia, hal itu membuat setiap muslim yang beriman akan berlomba dalam kebajikan dengan meningkatkan keimanan demi meraih derajat takwa. 

"Bulan puasa juga dikenal sebagai bulan sabar yang menuntut kita menahan diri, emosi, dan amarah. Hal ini tentu menumbuhkan suasana harmonis, kerja sama yang baik yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja yang maksimal," jelasnya.

Ia mengatakan puasa yang dilakukan sesuai tuntunan Rasulullah SAW diyakini mampu melestarikan dan menumbuhkan etos kerja dan etos juang yang tinggi, sebagaimana tercermin dalam sejarah perang Badar pada bulan Ramadhan. 

"Bisa dibayangkan perang Badar yang hanya diikuti oleh kaum muslim 300 orang melawan 1.000 pasukan kafir Quraisy, namun berhasil dimenangkan kaum muslim," katanya.

Baca juga: Kopama buktikan ketangguhan bertranformasi di era pandemi

Sejarah lainnya terjadi di Indonesia, ketika proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 juga bertepatan dengan 9 Ramadhan 1364 Hijriah. 

"Refleksi substansial dari sejarah ini bukan pada perang fisik, namun yang harus diteladani adalah etos kerja dan etos juang yang tak pernah surut karena berpuasa," kata Edy.

Terkait dengan hal itu, dia mengharapkan momentum puasa Ramadhan menjadi katalisator dalam meningkatkan semangat juang, agar dapat menyelesaikan program-program yang tengah dilakukan saat ini. 

"Sehingga perusahaan tempat kita bekerja memiliki kinerja yang semakin baik, memiliki daya saing yang tinggi, dan memberikan peningkatan kesejahteraan bagi kita semua," kata Edy.

Seusai shalat Tarawih dan Witir, dilanjutkan kuliah Tarawih oleh KH Sahlan Nasir yang mengungkap tentang keutamaan ibadah di bulan Ramadhan. 

Acara ini juga disiarkan secara daring di Masjid Baiturrahmah Perumahan Donan dan Masjid Baitussalam Perumahan Tegalkatilayu.

Berbagai amaliyah Ramadhan di masjid-masjid lingkungan PT KPI RU IV Cilacap, antara lain shalat Tarawih berjamaah, ceramah Tarawih dan Subuh, tadarus Al Quran, pesantren Ramadhan, Pesantren Camp, pengajian akbar Nuzulul Quran, Ramadhan Berbagi, zakat fitrah dan zakat maal, Iktikaf, serta diakhiri takbir keliling dan shalat Idul Fitri.

Baca juga: PWP Cilacap serahkan bantuan untuk masjid dan mushalla senilai Rp50 Juta
Baca juga: Kilang Cilacap borong empat kategori Indonesia CSR Excellence Awards 2023

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024