Cilacap (ANTARA) - Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Taufik Aditiyawarman melakukan kunjungan langsung ke Kilang Cilacap guna memastikan kesiapan kilang terbesar ini melaksanakan turn around (TA) di beberapa unit. 

Dirut hadir bersama Direktur Operasional PT KPI Didik Bahagia, Pjs. VP Reliability Eko Sunarno, dan Manager HSSE PT KPI Agung Darmawan melakukan konsolidasi di Ruang Rapat Flamboyan, Gedung Head Office RU IV, Cilacap, Rabu (1/3). 

General Manager PT KPI RU IV Cilacap Edy Januari Utama memaparkan pelaksanaan TA Kilang I meliputi Kilang Fuel Oil Complex (FOC) I, Lube Oil Complex (LOC) I, LOC II, LOC III, Sulfur Recovery Unit (SRU), dan Utilities I dengan target optimasi operasional kilang hingga 5 tahun ke depan. 

"Terhitung H+3 sejak shut down pada 27 Februari, progres terealisasi pada angka 99,16 persen dari total target 100 persen," jelasnya. 

Edy juga melaporkan total equipment dan jumlah manpower yang dilibatkan pada pekerjaan penting itu. Ada 9.000 orang yang terlibat dengan pembagian pekerja aktif nonrutin 7.000 orang dan 2.000 pekerja rutin.

"Dukungan tambahan untuk tenaga ahli Technician dan Inspection Engineer kami dapatkan dari RU II, III, V, VI, dan RU VII melalui program Bantuan Antar-Unit dengan jumlah terbanyak dari RU VI sebanyak 24 orang," paparnya. 

Baca juga: GM harapkan agenda "turn around" dongkrak operasional Kilang Cilacap

Dari sisi Project Scope Management, dia menjelaskan jumlah pekerjaan yang akan dikerjakan oleh pekerja berikut ruang lingkupnya.

"Dalam hal ini secara mandatory terdapat 14 top 10 project di area FOC I, LOC I, LOC II, LOC III, dan Utilities," katanya. 

GM mengimbau semua tim manajemen pelaksana TA maupun fungsi pendukung agar dapat berperan mendukung hajat besar TA Kilang I sesuai tema Bulan K3 Pertamina, yaitu "Mewujudkan Budaya HSSE Generative dan Pengelolaan Asset Integrity yang Unggul Guna Mendukung Keberlanjutan Bisnis Pertamina".

Sementara itu, Dirut PT KPI Taufik Adityawarman menyampaikan dukungan dan menyebut RU IV telah sangat matang dan profesional. 

"Saya berpesan agar dalam pelaksanaannya, fully control tetap kita pegang. Karena dengan adanya izin yang telah diterbitkan mulai seleksi pekerja dan peralatan, secara otomatis kita telah menegaskan sebagai perusahaan yang akuntabel, maka pekerjaan yang dilakukan harus sesuai jadwal dan nihil insiden," pesannya. 

Rangkaian acara dilanjutkan dengan visitasi area TA sebagai langkah observasi Board of Director PT KPI dan rombongan terhadap kondisi objektif sesuai pemaparan yang disampaikan GM PT KPI RU IV.

Baca juga: PT KPI dukung upaya Perdoki kampanyekan keselamatan dan kesehatan pekerja
Baca juga: Dinilai ramah lingkungan, bangunan Head Office Kilang Cilacap raih Greenship Awards 2023
Baca juga: Doa bersama awali "turn around" Kilang Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024