Karanganyar (ANTARA) - Pesta Rakyat Indonesia Bersatu yang diinisiasi oleh Barisan Relawan Serbaguna (Baruna) Airlangga dan digelar di Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, dihadiri ribuan orang, serta merupakan acara perdana di wilayah Jawa Tengah.
Acara dimeriahkan oleh Sinden Prigel Anjarwening dan Gareng Tralala Campursari serta lomba-lomba dan permainan rakyat, senam massal, hingga bazar UMKM.
Hadir dalam acara tersebut, Ketua Baruna Airlangga Jateng Yuhan Perdana, Sekretaris DPD I Golkar Jateng yang juga Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Ketua DPD II Golkar Karanganyar Ilyas Akbar Almadani dan anggota DPRD Jateng Bondan S Bomo Aji.
Ketua Baruna Airlangga Jateng, Yuhan Perdana mengatakan, pesta rakyat ini diadakan Baruna Airlangga berkolaborasi dengan warga Desa Tunggul Rejo. 
"Konsep acaranya memang mengedepankan partisipasi masyarakat setempat sehingga masyarakat tidak hanya jadi objek, tapi merasa ini menjadi acara kita bersama," katanya.
Ia mengungkapkan, pesan utama yang ingin disampaikan lewat acara Pesta Rakyat tersebut adalah tentang persatuan, dimana ada ribuan orang yang hilir mudik menyaksikan acara dari siang hingga tengah malam. 
"Menjelang tahun politik, kami diminta oleh Pak Airlangga untuk menjaga suasana tetap adem. Pesta demokrasi itu harus jadi pestanya rakyat, yang disambut dengan suka cita, bukan dengan ketegangan. Karena itu acara ini juga kami namakan Pesta Rakyat," ujarnya.
Sekretaris DPD I Golkar Jateng yang juga Bupati Karanganyar Juliyatmono mengapresiasi acara Pesta Rakyat yang digelar di wilayahnya.
Menurut dia, Pesta Rakyat Indonesia Bersatu menjadi salah satu acara memulihkan keadaan supaya masyarakat bergembira terlebih punya harapan yang bagus kareba selama dua tahun kemarin masyarakat terkungkung pandemi COVID-19.
"Hidup ini sejatinya berharap supaya ke depan lebih baik . Kita sudah bangkit lagi, keceriaan ini yang harus dikelola. Dengan Pesta Rakyat yang diinisiasi oleh Baruna harus terus dilakukan, sehingga masyarakat semakin memiliki semangat optimisme," katanya.
Bupati Karanganyar dua periode dari Partai Golkar itu mendoakan agar Airlangga Hartarto menjadi sosok pilihan masyarakat Indonesia karena di tangan yang bersangkutan, perekonomian Indonesia yang dihantam pandemi COVID-19 bisa pulih, mulai dari manajemen ekonomi, bantuan tepat sasaran hingga kartu prakerja.
"Banyak yang sudah dilakukan beliau (Airlangga Hartarto). Semoga sehat walafiat, diparingi gampang semua dan terlaksana semuanya. Indonesia tentunya terus sejahtera," ujarnya.
Mengenai perkembangan peta koalisi, Juliyatmono mengaku siap mengikuti apapun keputusan dan arahan partai.
Dirinya mengacungi jempol pada Ketua Umum Airlangga Hartarto yang dapat berkomunikasi dengan baik, dengan semua partai, baik itu dalam Koalisi Indonesia Bersatu maupun dengan pimpinan partai lain di luar KIB.


Pewarta : Wisnu A.N
Editor : Wisnu Adhi Nugroho
Copyright © ANTARA 2024