Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, membuka 860 formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) terdiri atas 815 guru honorer dan 45 tenaga kesehatan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Batang Supardi di Batang, Kamis, mengatakan bahwa 860 formasi PPPK itu akan diprioritaskan untuk tenaga honorer yang sudah masuk passing grade atau batas penilaian tahun sebelumnya.

"Sebenarnya yang memenuhi passing grade pada tahun ini ada 998 guru honorer namun yang tertampung hanya 815 orang sehingga sisanya akan diusulkan pada tahun depan," katanya.

Ia melanjutkan, para guru honorer harus tetap mendaftar diri meski sudah memenuhi passing grade karena pendaftaran PPPK akan ditutup pada 13 November 2023.

"Pendaftaran PPPK guru sudah dimulai sejak 31 Oktober 2022 dan akan ditutup pada 13 November 2022. Oleh karena itu, kami akan mengecek persyaratan administrasi sebelum dinyatakan lolos," katanya.

Adapun untuk pendaftaran PPPK tenaga kesehatan, kata Supardi, sudah dibuka sejak 3 November 2022 dan  ditutup pada 17 November 2022.

"Ada enam formasi PPPK tenaga kesehatan yang mungkin akan diisi orang dari luar daerah karena berdasar sistem informasi sumber daya manusia kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang tidak ada yang memiliki ijazah linier," katanya.

Dia mencontohkan formasi apoteker tidak mungkin bisa diisi tenaga perawat atau bidan tetapi harus diisi dengan pendidikan yang linier.

"Formasi itu berdasarkan persetujuan dari Kementerian Kesehatan RI. Formasi yang diterima tidak hanya sekadar perawat dan bidan," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024