Purwokerto (ANTARA) - Wisuda Ke-144 Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto yang digelar secara daring dan luring di Auditorium Graha Widyatama Unsoed, 15-16 Maret 2022, tampak berbeda dari biasanya karena satu di antara 1.333 wisudawan merupakan mahasiswa asal Papua Nugini.

Mahasiswa asing bernama Susan Gari itu berhasil lulus pendidikan Program Magister Ilmu Manajemen. Dia memilih Unsoed sebagai tempat kuliahnya sejak pendidikan sarjana (S1). 

Hal itu berawal ketika Susan mendapatkan kesempatan emas untuk menempuh pendidikan sarjana di Indonesia melalui program Beasiswa Unggulan bagi mahasiswa asing dari Kemenristekdikti RI pada tahun 2015.

Setelah menyelesaikan jenjang sarjana di Program Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed, Susan kembali mendapatkan beasiswa untuk program S2. Kali ini Susan memperoleh Beasiswa Jenderal Soedirman Scholarship dari Unsoed, sehingga dia memilih Program Magister Ilmu Manajemen untuk memperdalam pengetahuannya di bidang manajemen.

Baca juga: Unsoed Purwokerto luluskan 1.333 wisudawan pada Wisuda Maret 2022

Selama kuliah di Unsoed pada tahun 2015 hingga 2022 (S1 dan S2), Susan mendapatkan banyak ilmu semenjak S1 di Manajemen Kelas Internasional. 

"Dosen-dosen Unsoed sangat profesional saat mengajar dan kualitasnya mantap, serta stafnya pun sangat baik dan ramah," kata Susan.

Dia mengatakan tantangan yang dihadapi pada awal menjalani kehidupan di kampus adalah kendala dalam memahami bahasa, lingkungan, dan budaya. Selama berkuliah di Unsoed Purwokerto, dia juga sangat terkesan dengan keramahan orang Banyumas. 

Susan juga berpesan kepada mahasiswa Unsoed terutama yang berasal dari luar negeri, yaitu harus bergaul dengan mahasiswa lokal dan harus terbuka supaya bisa betah di Indonesia, khususnya Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
 
"Setelah menyelesaikan pendidikan ini, saya mau pulang ke Papua Nugini, dan mencari pekerjaan supaya saya bisa membantu masyarakat di sana dengan ilmu yang telah saya dapat di Unsoed," katanya.


Baca juga: KPRI "Kosuku" Unsoed gelar RAT Tutup Buku Tahun 2021
Baca juga: 37 mahasiswa Komunikasi Unsoed ikuti Program Magang MBKM jejaring Iduka

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024