Purwokerto (ANTARA) - Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) "Kosuku" Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2021.

RAT "Kosuku" yang digelar secara luring dan daring melalui platform Zoom Meeting, Senin (14/3), dihadiri Rektor Unsoed, Wakil Rektor, Kepala Biro, Ketua dan Pengurus KPRI "Kosuku", Dewan Pengawas KPRI "Kosuku", mitra, serta 333 anggota KPRI "Kosuku".

RAT yang bertujuan untuk menyampaikan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada para anggota tentang Hasil Kerja Tutup Buku 2021 serta menyampaikan rencana kerja dan rencana anggaran KPRI "Kosuku" tahun 2022.

Saat memberi sambutan, Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S. menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran Pengurus dan Dewan Pengawas "Kosuku" yang telah melaksanakan tugas atau kerjanya dengan baik. 

Secara umum, walaupun masih dalam kondisi pandemi, keuntungan yang diperoleh tidak begitu terpengaruh karena kondisi pandemi COVID-19.

Baca juga: 37 mahasiswa Komunikasi Unsoed ikuti Program Magang MBKM jejaring Iduka

Sementara saat menyampaikan laporan umum pengurus, Ketua KPRI "Kosuku" Ir. Masrukhi, M.P. mengatakan bidang usaha KPRI "Kosuku" Unsoed terdiri atas dua unit, yakni usaha simpan pinjam dan retail. 

Untuk unit usaha simpan pinjam, kata dia, pada tahun 2021 mengevaluasi beberapa kondisi meningkatnya neraca keuangan "Kosuku" khususnya saldo simpanan atau tabungan sukarela. 

"Untuk retail, yaitu Edumart masih menjaga tingkat penjualan di atas Rp 1 miliar per tahunnya. Pada kepengurusan ini, salah satu bidang yang diadakan adalah bidang promosi. Keanggotaan pada akhir tahun 2021 sejumlah 1.664 anggota," katanya.

Dalam kesempatan itu, Masrukhi juga menyampaikan tentang program kerja pengurus pada tahun 2022, antara lain minimalisasi kredit macet dan investasi macet, peningkatan investasi modal dan kerja sama dengan perbankan/pengembang/BPU, peningkatan modal yang sustainable, pengembangan variasi bisnis Edumart.

Selain itu, diversifikasi variasi inovasi program layanan simpan pinjam, internalisasi (visi, program kerja, dan rencana strategis "Kosuku", manajemen publik dan good governance, serta peningkatan dan menumbuhkan kepercayaan anggota. 

Seperti tahun sebelumnya, kemeriahan RAT KPRI "Kosuku" Unsoed semakin bertambah dengan dibagikannya doorprize bagi peserta rapat di akhir acara.

Baca juga: Wakil Rektor lantik Dewan Legislatif Mahasiswa Unsoed
Baca juga: Unsoed Purwokerto jalin kerja sama dengan OJK
 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024