Purwokerto (ANTARA) - Belajar di luar kampus, khususnya pada lingkup industri, dunia usaha, ataupun kerja (Iduka) menjadi daya tarik tersendiri bagi 37 mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universtas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Oleh karena itu, mereka mengikuti Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di sembilan instansi/korporasi mitra yang tersebar di Jawa Tengah dan DKI Jakarta pada semester ini.

"Melalui fasilitasi MBKM ini, mahasiswa berkesempatan dalam satu semester ini untuk memenuhi capaian pembelajaran dalam bentuk kegiatan pembelajaran magang yang diakui minimal 20 SKS melalui mekanisme konversi," kata Koordinator Program Studi S1 Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed Dr. Wisnu Widjanarko, M.Si., MIPR, CPR usai pelepasan mahasiswa Program Magang MBKM di tingkat fakultas, Jumat (11/3).  

Menurut dia, dukungan dan fasilitasi dari institusi, mulai dari tingkat jurusan, fakultas hingga universitas terkait program tersebut sangat nyata adanya, seperti proses perencanaan studi dalam sistem informasi akademik, relaksasi kurikulum termasuk pendampingan dalam implementasinya.  

Baca juga: Tumbuhkan minat wirausaha, FEB UNSOED gelar sosialisasi PMW

"Tentunya kita ingin menjadi bagian dari raihan indeks kinerja utama universitas yang diamanahkan oleh kementerian, di mana MBKM adalah salah satu bentuknya," kata Wisnu. 

Sementara itu, Ketua Komisi MBKM Ilmu Komunikasi Dr. Agoeng Noegroho, M.Si. mengatakan dalam implementasinya, program Magang MBKM memiliki dinamika tersendiri. 

Namun demikian,  kata dia, mahasiswa yang telah mengisi KRS MBKM di Sistem Informasi Akademik (SIA) seluruhnya dapat difasilitasi, dan berproses pada semester genap yang kini tengah berjalan.  

Menurut dia, Komisi MBKM juga telah menggelar koordinasi dengan para dosen pembimbing magang, sehingga diharapkan dapat memastikan dan menjamin aktivitas magang sesuai dengan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum. 

Ketua Tim MBKM FISIP Dr. Agus Ganjar Runtiko, M.Si. mengatakan acara pelepasan mahasiswa magang kali ini merupakan embrio acara serupa di masa mendatang, sehingga mahasiswa dapat memiliki motivasi dan bekal yang memadai di instansi magang mereka.

Baca juga: Wakil Rektor lantik Dewan Legislatif Mahasiswa Unsoed
Baca juga: Unsoed Purwokerto jalin kerja sama dengan OJK

 

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024