Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menyelenggarakan wisuda Periode 144 secara luring dan daring dengan total wisudawan pada periode Maret 2022  tersebut 1.333 orang, yang terdiri atas 2 orang doktor, 94 orang magister, 101 orang dengan sebutan profesional, 1.076 orang sarjana, dan 60 ahli madya.

Di antara ribuan wisudawan itu, terdapat mahasiswa internasional asal Papua New Guinea yang lulus dari Program S2 Magister Manajemen. Selain itu, sejumlah 427 wisudawan juga dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude atau Dengan Pujian. 

Wisuda kali ini dilaksanakan selama dua hari. Wisuda hari pertama Selasa, 15 Maret 2022, diikuti wisudawan dari Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Peternakan, Fakultas Hukum, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Sementara pada Rabu, 16 Maret 2022, diikuti wisudawan dari Program Pascasarjana (Ilmu Lingkungan, Agribisnis, Penyuluh Pertanian, dan Bioteknologi Pertanian), Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. 

Adapun wisudawan Fakultas Pertanian sejumlah 125 wisudawan, Fakultas Biologi 39 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sejumlah 210 wisudawan, Fakultas Peternakan 40 wisudawan, Fakultas Hukum 175 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 139 wisudawan, Fakultas Kedokteran 145 wisudawan, Fakultas Teknik 75 wisudawan, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan 186 wisudawan, Fakultas Ilmu Budaya 89 wisudawan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 48 wisudawan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 51 wisudawan, dan Program Pascasarjana (Ilmu Lingkungan, Agribisnis, Penyuluh Pertanian, dan Bioteknologi Pertanian) 11 wisudawan.

Dalam sambutannya, Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S. menyampaikan adanya pandemi tanpa disadari mengajarkan manusia tentang bagaimana bertahan menghadapi kesulitan, mengasah kepekaan sekaligus menginspirasi, untuk mencari solusi terhadap keadaan yang ada.  

Selain itu, menjadikannya sebagai hikmah, agar halangan dan perintang tidak semata-mata menjadi kendala, melainkan mampu memantik ide dan gagasan untuk melalui bahkan melampauinya.  

"Sehingga, cara pandang yang penuh ketabahan, pantang menyerah sekaligus selalu bersemangat untuk mencari jalan keluar dari permasalahan adalah kunci dalam menyelami kehidupan dengan segala dinamika yang menyertainya," kata Rektor.  

Ia juga menitipkan beberapa pesan kepada para wisudawan sebagai bagian dari bekal mengarungi samudra hidup dan kehidupan. 

"Pertama, kembangkan terus jiwa kecendekiawanan dan kemahiran yang dimiliki, karena hal tersebut akan memandu kita untuk menjadi yang unggul dan berdaya saing dalam berkiprah. Kedua, asah kepekaan dalam sikap, ucapan maupun tindakan sehingga memperbesar peluang untuk bertahan, menyesuaikan diri bahkan menjadi pemenang di mana pun kita berada. Serta Ketiga, bangun eksistensi diri melalui kontribusi dan kepribadian yang menghadirkan keselarasan serta produktivitas dalam kinerja," katanya.

Baca juga: KPRI "Kosuku" Unsoed gelar RAT Tutup Buku Tahun 2021

Perwakilan wisudawan, Oriza Praba Albani (Fakultas Biologi) menyampaikan bahwa dengan gelar baru yang tersemat pada nama wisudawan, maka artinya bertambah pula amanah yang harus dipegang. 

"Meskipun masih berada dalam suasana pandemi dan situasi sosial politik yang seperti ini, namun saya yakin bahwa lulusan Unsoed adalah lulusan yang hebat dan tetap berkualitas. Oleh karena itu, perkenankan kami memohon doa restu kepada orang tua, bapak ibu dosen serta segenap civitas academica Unsoed agar kami dapat melanjutkan perjuangan membangun bangsa, menjadi manusia yang sukses di kemudian hari baik di dunia maupun akhirat," katanya.

Sementara itu, Laita Fauqi Baroroh (Fakultas MIPA) menyampaikan dengan wisuda tersebut maka telah bertambah tanggung jawab moral atas gelar yang disematkan bersamaan dengan nama wisudawan. 

"Semoga apapun yang kami lakukan kelak, kami dapat menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Kita sebagai wisuda wisudawati Universitas Jenderal Soedirman harus berjanji untuk tidak menyerah dalam mengabdi di manapun kita berada. Seperti Sang Panglima Besar Jenderal Soedirman Jujur, Cerdas, Peduli, dan Pantang menyerah," katanya. 

Terhitung hingga saat ini, Unsoed telah mewisuda 107.114 alumni, yang insya Allah menjadi bagian dari tumbuh dan berkembangnya kehidupan di masyarakat. 

Baca juga: 37 mahasiswa Komunikasi Unsoed ikuti Program Magang MBKM jejaring Iduka
Baca juga: Tumbuhkan minat wirausaha, FEB UNSOED gelar sosialisasi PMW

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024