Kudus, Jateng (ANTARA) - Aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, siap menerapkan nilai-nilai dasar "Ber-AKHLAK" meliputi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

Kesiapan ASN Pemkab Kudus menerapkan nilai-nilai dasar (core values) yang sebelumnya dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Juli 2021 lalu tersebut, ditandai dengan penyematan pin secara simbolis terhadap beberapa ASN di halaman Pendopo Kabupaten Kudus, Senin (29/11).

Menurut Bupati Kudus Hartopo di Kudus, core values BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Sedangkan penerapan nilai-nilai dasar tersebut tidak sebatas untuk kalangan PNS, melainkan tenaga kontrak juga harus menerapkan dan memiliki motivasi yang sama dalam bekerja.

Baca juga: Ganjar minta ASN perbanyak inovasi pelayanan masyarakaat
Baca juga: Korpri Pekalongan siap bangun perumahan bersubsidi bagi PNS

Setelah adanya penyematan pin BerAKHLAK, dia berharap, semua ASN maupun pegawai kontrak memahami dan menerapkannya dalam bekerja melayani masyarakat.

Apalagi, kata dia, ASN merupakan garda terdepan dalam melayani masyarakat, sehingga mereka juga dituntut untuk terus berinovasi, sabar, dan ikhlas dalam melayani.

Ia mengakui belum semua ASN mencerminkan sikap BerAKHLAK karena kenyataannya masih ada pengaduan masyarakat terkait pelayanan yang kurang memuaskan.

Oleh karena itu, dengan adanya pencanangan ASN BerAKHLAK tersebut, menjadi ajang memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Sehingga kami bisa turut merubah perilaku dan kepribadian kami ke arah yang lebih baik lagi," demikian Hartopo.

 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024