Cilacap (ANTARA) - Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah, ikut ambil bagian dalam momentum Earth Hour 2021, Sabtu (27/3) malam, dengan memadamkan lampu selama satu jam pada pukul 20.30-21.30 WIB sebagai bukti kepedulian lingkungan melalui aksi global serentak di seluruh dunia.

Dalam momentum Earth Hour 2021 yang mengusung tema Raise your Voice for Nature itu, pemadaman serentak dilakukan di beberapa titik Pertamina RU IV, yakni gedung Head Office (HO), kompleks Perumahan Pertamina Donan, Patra Lomanis Residence, Taman Harmonis, kompleks Perumahan Pertamina Gunung Simping, dan kompleks Perumahan Pertamina Tegalkatilayu. 

"Pertamina sebagai perusahaan penyedia energi nasional tentu tak ingin melewatkan aksi bersama seluruh masyarakat dunia ini," kata Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan.

Selama satu jam pemadaman listrik tersebut, kata dia, Pertamina bersama masyarakat di area RU IV berhasil memadamkan lebih dari 60 ribu buah lampu LED, dengan perkiraan nilai penghematan hampir Rp1 juta. 

Baca juga: Perwira dan pensiunan Pertamina Cilacap jalani vaksinasi COVID-19

"Dari daya awal 2.473 kilowatt, daya mitigasi 1.937 kilowatt, dengan catatan penurunan 601 kWh, dan Reduction Emission sejumlah 513,6 kilogram CO2eq," katanya.

Ia mengharapkan aksi serentak tersebut menjadi simbol kebersamaan untuk menyelamatkan bumi. 

"Memang hanya berdurasi 60 menit. Namun yang singkat ini semoga berdampak positif karena seluruh dunia terlibat mengistirahatkan bumi. Lalu pada gilirannya akan meningkatkan kesadaran untuk berlaku bijak seperti menghemat air, menghemat pemakaian lampu, AC, dan aksi-aksi kecil lainnya dalam kehidupan sehari-hari," kata Hatim.

Seperti diketahui Earth Hour, diinisiasi oleh World Wide Fund for Nature (WWF) dan sejumlah organisasi lain di Sydney, Australia, pada 2007. 

Saat itu, para inisiator gerakan tersebut berhasil mengajak 2,2 juta orang untuk memadamkan lampu selama satu jam, sebagai bentuk dukungan untuk melawan perubahan iklim.

Baca juga: Pertamina Cilacap serahkan bantuan sarana-prasarana untuk SMP IT Buah Hati
Baca juga: Pertamina Cilacap dorong UMKM binaan optimalkan pemanfaatan ruang digital

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024