Magelang (ANTARA) - Pandemi COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia bukan menjadi halangan untuk berkarya, kata Ketua Komunitas Lima Gunung Supadi Hariyanto.

"Bagi Komunitas Lima Gunung, pandemi bukan menjadi halangan dan kita tetap menggelar Festival Lima Gunung meskipun dengan pembatasan-pembatasan," katanya di Magelang, Senin.

Ia menyampaikan pada festival ke-19 ini bahkan terbagi dalam beberapa episode.

Supadi menyebutkan dalam putaran ke-8 Festival Lima Gunung kali ini dengan tema "Mata Air Peradaban-Donga Gunung" berlokasi di tempat penemuan situs di lereng Gunung Merapi di Dusun Windu Sebrang, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

"Kita dari Komunitas Lima Gunung selalu memanjatkan doa semoga penyakit dunia COVID-19 segera musnah dari muka Bumi dan semua manusia bisa menjalani aktivitas masing-masing seperti semula," katanya.

Baca juga: Tumpeng Festival Lima Gunung XIX simbol tangguh hadapi pandemi

Dalam festival kali ini diawali dengan melakukan ritual di sumber mata air yang tidak jauh dari lokasi penemuan situs, kemudian dilanjutkan pementasan dan orasi oleh beberapa seniman di lokasi penemuan situs.

Ki dalang Sih Agung dengan waktu singkat mementaskan wayang kulit dengan lakon "Situs Candi Gunung". Kebetulan saat akan pentas wayang kulit turun hujan sehingga waktu pementasan dipersingkat.

Sih Agung dalam cerita pementasan wayangnya merefleksikan sesuatu tentang suatu peradaban yang ditemukan.

Situs yang ditemukan di Dusun Windu Sebrang merupakan hasil karya nenek moyang yang harus dilestarikan

"Situs peninggalan nenek moyang ini merupakan bagian dari peradaban. Temuan situs ini harus memberikan semangat kepada kita untuk berkarya yang lebih baik, karena nenek moyang kita sudah membuat karya yang bagus," katanya.

Baca juga: Festival Lima Gunung meniti suasana warga di tengah pandemi
Baca juga: Festival Lima Gunung diusung ke Universitas Mulawarman
Baca juga: Seniman menampilkan performa "Lumbung Donga" dalam Festival Lima Gunung

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024