Semarang (ANTARA) - BPJAMSOSTEK Cabang Klaten menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus Corona (COVID -19) di kalangan pekerja dan lingkungan kantor dengan sejumlah langkah di antaranya klaim jaminan menjadi layanan online dan tanpa kontak fisik.

Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Klaten Aris Priyo Wibowo dalam keterangan persnya, Selasa menjelaskan protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) BPJAMSOSTEK merupakan salah satu upaya dalam mendukung pemerintah meminimalisir dan menghentikan penularan COVID-19.

"Sebelumnya, pelayanan yang diberikan BPJAMSOSTEK kepada peserta selalu dilakukan secara tatap muka atau kontak fisik. Namun dengan adanya pandemi COVID-19, kami memberlakuan layanan online. Ini memang penting dilakukan, selain mempermudah peserta dan memperlambat penyebaran virus COVID-19," katanya.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan jalin kerja sama dengan UPK Klaten

Di Halaman Kantor BPJAMSOSTEK Klaten, lanjut Aris, telah tersedia wastafel dan sabun cuci tangan untuk mengajak para peserta menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

"Pengukuran suhu pun dilakukan untuk setiap karyawan yang memasuki halaman gedung kantor oleh petugas security yang sedang bertugas. Di beberapa titik ruangan juga tersedia hand sanitizer seperti pintu masuk, ruang makan, ruang pelayanan, ruang kepesertaan, dan ruang konsultasi," kata Aris.

Untuk penyemprotan disinfektan pun, tambah Aris, sudah dilakukan di seluruh sisi gedung termasuk halaman kantor BPJAMSOSTEK Klaten dan mengimbau kepada seluruh karyawan agar selalu mengenakan masker.

"Kami pun berinisiatif menggunakan masker kain batik sebagai alternatif masker medis, perawatan masker pun cukup mudah bisa dicuci dan dipakai lagi. Harapan kami dengan melakukan protokol COVID-19 di Lingkungan BPJAMSOSTEK Klaten, semoga bisa membantu memutus rantai penularan virus," tutup Aris.

Baca juga: Cegah penyebaran COVID-19, BPJAMSOSTEK terapkan Protokol Lapak Asik

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024