Semarang (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng & DIY menyalurkan bantuan berupa penyediaan wastafel portabel yang diletakkan di 16 titik di Kota Semarang di antara di sejumlah pasar tradisional.

Penyerahan bantuan dilakukan di Kantor Walikota Semarang pada Rabu dan diserahkan kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi oleh General Manager MOR IV Iin Febrian.

Iin Febrian menjelaskan bantuan wastafel portable tersebut merupakan kelanjutan dari berbagai upaya dan program yang telah dilakukan Pertamina guna mendukung pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Pertamina terapkan physical distancing di SPBU

Sebanyak 16 wastafel portable akan ditempatkan di lokasi yang seringkali dikunjungi masyarakat di antaranya Pasar Genuk, Pasar Ikan Semarang Utara, Pasar Banyumanik, Kota Lama, Pasar ngaliyan dan beberapa pasar lainnya.

“Sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan pemerintah kota untuk penempatan wastafel portable ini dan ke 16 unit wastafel portable ini akan ditempatkan di pasar-pasar Semarang. Bantuan ini pula merupakan kelanjutan dari bantuan atau program pencegahan penyebaran COVID-19 salah satunya penyediaan hand sanitizer di armada BRT Trans Semarang," jelas Iin.

Iin menjelaskan alasan pasar tradisional menjadi lokasi yang dipilih untuk penempatan wastafel portabel karena ditengah pandemi COVID-19 dan penurunan aktivitas di luar rumah, pasar merupakan lokasi yang tetap dikunjungi masyarakat, sehingga untuk mengurangi risiko penularan COVID-19, kebersihan dan budaya mencuci tangan menjadi hal yang sangat penting.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menambahkan Pemerintah Kota mengapresiasi tindakan aktif Pertamina melalui anggaran CSRnya yang turut membantu pemerintah dalam upaya pencegahan tersebarnya COVID-19.

“Terima kasih Pertamina telah membantu Pemerintah Kota Semarang dan masyarakat untuk sama-sama memerangi COVID-19, kami akan menjaga bersama-sama fasilitas ini agar bermanfaat untuk warga Semarang," kata Hendrar.

Dalam program wastafel portabel tersebut, Pertamina turut menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang sebagai pelaksana program dan ke depannya bantuan tersebut akan dikelola Pemkot Semarang.

Melalui bantuan tersebut, Pertamina berharap agar fasilitas kebersihan khususnya dalam masa wabah COVID-19 dapat lebih mudah diakses serta semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk rajin mencuci tangan.

Baca juga: Pertamina bantu 250 liter cairan pembersih tangan untuk Trans Semarang
Baca juga: Cegah penyebaran COVID 19, Pertamina optimalkan layanan pesan antar

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024