Semarang (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV menggandeng beberapa lembaga membantu masyarakat memerangi penyebaran COVID-19 dengan menyediakan 250 liter cairan pembersih tangan untuk ditempatkan di Bus Rapid Transit Trans Semarang, yang merupakan transportasi publik.

“Kerja sama yang dijalin antara Pertamina bersama berbagai lembaga ini, merupakan bentuk inisiatif untuk bersama-sama melakukan langkah pencegahan terhadap penyebaran pandemi COVID-19. Upaya kerja sama ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat luas," kata General Manager Pertamina MOR IV Iin Febrian.

Penyerahan bantuan cairan pembersih tangan yang dikemas dalam botol-botol berukuran 500 mililiter tersebut dilakukan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Semarang, Kamis.

Kepala Laboratorium Advance Material Fakultas Teknik Undip Profesor Widayat menambahkan dalam menghadapi pandemi COVID-19, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menjaga kebersihan.

“Kami Fakultas Teknik Undip siap mendukung program Pertamina melalui proses produksi 'hand sanitizer' (cairan pembersih tangan). 'Hand sanitizer' ini kami produksi atau buat dengan mengacu pada standar WHO," katanya.

Baca juga: SMK Duta Karya Kudus membuat cairan pembersih tangan dengan harga terjangkau

Manager Operasional BRT Ikhwan Susanto mengatakan upaya pencegahan dengan menyediakan cairan pembersih tangan di armada bus dapat turut memberikan pemahaman terkait dengan perilaku sehat bagi penumpang transportasi umum.

“Upaya yang dilakukan oleh Pertamina sangat bermanfaat bagi kami selaku pengelola transportasi umum. Selain berupa langkah pencegahan terhadap penyebaran virus corona, upaya ini termasuk bentuk edukasi kepada penumpang untuk dapat terus menjaga kebersihan dan kesehatannya,” katanya.

Saat ini, Pertamina terus melakukan berbagai upaya untuk pencegahan COVID-19, di antaranya melalui koordinasi dengan berbagai pihak untuk turut membantu upaya-upaya yang tengah dilakukan berbagai kalangan, terutama pemerintah.

Pertamina juga terus menjamin kebersihan di fasilitas-fasilitas operasinya, di antaranya SPBU serta melakukan pemeriksaan kesehatan berkala kepada petugas yang melayani masyarakat.

Baca juga: Cairan pembersih tangan hasil karya mahasiswa UMM dibagi-bagikan
Baca juga: Cegah virus corona, KAI Purwokerto sediakan cairan pembersih tangan di stasiun

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024