Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat menggelar gerakan bersih serentak di beberapa titik sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Sabtu (14/3).

Kapolres Batang AKBP Abdul Waras di Batang mengatakan bahwa program peduli bersih serentak merupakan instruksi pimpinan Polri dalam rangka mencegah dan waspada terhadap wabah COVID-19.

"Gerakan bersih serentak ini akan kita gelar selama 2 hari, yaitu Sabtu (14/3) dan Minggu (15/3). Tujuannya sebagai langkah upaya mencegah penyebaran virus corona," katanya.

Pada kegiatan gerakan bersih serentak ini, anggota Polres Batang bersama petugas Dinkes dan masyarakat melakukan kerja bakti membersihkan sisa kotoran di masjid, musala, sekolah, dan permukiman penduduk.

Baca juga: Solo KLB virus corona, laga Persis-PSCS dibatalkan

Baca juga: MUI Jateng ajak umat tidak panik hadapi virus corona

Baca juga: Undip: Tidak ada mahasiswa yang tertular virus corona

Ia yang didampingi Kepala Bagian Operasional Polres Batang AKP Asfauri mengatakan selain melakukan gerakan bersih serentak, Polres juga menyediakan cairan antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer) di setiap ruangan pelayanan publik sebagai langkah pencegahan penyebaran COVID-19.

"Gerakan bersih dan sehat ini diawali di lingkungan Mapolres Batang, kemudian dilanjutkan di masyarakat dan tempat ibadah, sekaligus menyosialisasi pencegahan COVID-19 kepada warga," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Mukhlasin menyampaikan apresiasi pada Polres Batang yang telah ikut peduli melakukan program kesehatan dengan menyediakan air bersih yang mengalir dan hand sanitizer di setiap pelayanan publik.

"Saat ini, kami sudah memetakan terhadap COVID-19 karena setiap hati ada laporan orang dengan pemantauan," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024