Semarang (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY bersama dengan Kodam IV/Diponegoro dan Kodim 0733 BS/Semarang melakukan penanaman 10.000 pohon mangrove pohon di Pantai Mangunharjo, Semarang dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia tanggal 28 November.

Penanaman pohon dihadiri Senior Manager Niaga PLN UID Jateng dan DIY Eko Suharno, Irdam IV/Diponegoro, beserta asisten dan para pejabat di lingkungan Kodam IV/Diponegoro.

Rangkaian acara penanaman pohon diawali dengan apel bersama di Lapangan Tembak Kodam IV/Diponegoro, Meteseh yang dipimpin oleh Senior Manager Niaga PLN UID Jateng dan DIY Eko Suharno dilanjutkan dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis.

Eko menjaskan penanaman pohon yang melibatkan masyarakat setempat serta para pemuda tersebut adalah salah satu wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan.

Baca juga: Kawasan Segara Anakan Cilacap ditanami 1.000 bibit mangrove (VIDEO)

Baca juga: Korem 071/WK tanam 50.000 mangrove di pantura

"Program penanaman 10.000 pohon ini adalah salah satu wujud kepedulian PLN terhadap lingkungan. Dengan melakukan penghijauan, kami berharap dapat berpartisipasi dalam mencegah terjadinya banjir, menjaga kualitas air tanah, mengurangi efek langsung sinar matahari sebagai pengontrol iklim, mencegah efek rumah kaca, dan global warming," kata Eko.

Pada tahun 2018 PLN bersama dengan Kodam IV/Diponegoro juga melakukan kegiatan serupa, bedanya penanaman kali ini diprioritaskan pada jenis tanaman yang dapat mencegah abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut.

"Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada Kodam IV Diponegoro dan Kodim 0733 BS/Semarang yang mendukung terlaksananya Penanaman 10.000 Pohon Mangrove," kata Eko.

Eko berharap dengan adanya kerja sama tersebut, sinergi dalam upaya menjaga lingkungan sekitar dapat terus terbangun.

Program Penanaman Pohon ini secara serempak juga dilakukan oleh seluruh Unit Induk PLN di seluruh Indonesia.

Baca juga: Sekda Jateng minta sosialisasi manfaat dan fungsi mangrove diintensifkan

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024