Purwokerto (Antaranews Jateng) - Harga berbagai jenis ikan laut di Pasar Manis Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu, cenderung stabil kendati kondisi cuaca pada saat ini masih kurang bersahabat bagi nelayan.

"Harga cenderung stabil tidak ada kenaikan, pasokan juga makin lancar," kata pedagang ikan di Pasar Manis Purwokerto, Titi (57), di Purwokerto, Sabtu.

Dia menjelaskan sebelumnya pasokan ikan tuna sempat berkurang karena banyak nelayan yang tidak melaut akibat cuaca buruk.

"Sekarang pasokan ikan tuna sudah kembali lancar, harga juga masih normal seperti biasanya sekitar Rp50 ribu per kilogram daging ikan tuna tanpa kepala," katanya.

Dia menyebutkan harga ikan tongkol juga masih normal yaitu sekitar Rp30 ribu per kilogram, sementara ikan kembung juga sekitar Rp30 ribu per kilogram.

Kendati demikian, dia juga menambahkan bahwa pada saat ini pasokan ikan belanak masih belum normal.

"Sudah beberapa hari ini ikan belanak kosong karena tidak ada pasokan dari nelayan," katanya.

Pedagang lainnya, Edi (45), mengatakan pasokan cumi dan udang juga masih normal meskipun cuaca masih belum bersahabat bagi nelayan.

Dia mengatakan harga udang ukuran besar masih sama dengan beberapa hari sebelumnya yakni sekitar Rp80 ribu per kilogram sementara yang berukuran kecil Rp60 ribu per kilogram.

"Harga cumi ukuran besar juga masih normal yaitu Rp70 ribu per kilogram dan yang ukuran sedang Rp60 ribu per kilogram," katanya.

Sementara itu, antusiasme masyarakat membeli udang dan cumi di Pasar Manis Purwokerto juga masih tinggi seperti biasanya.  Sementara itu, menurut data yang dihimpun dari BMKG diketahui bahwa tinggi gelombang Laut Jawa pada 16 Februari 2019 sekitar 0,2 hingga 0,5 meter.

Sementara tinggi gelombang di laut Selatan Jawa Tengah sekitar 1-2,5 meter.

 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024