Semarang (Antaranews Jateng) - United States Agency Internation Development (USAID) serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah akan menggelar lomba keterampilan kerja dan bursa kerja di UTC Convention Hall Semarang pada Sabtu (25/8) pukul 08.00-15.00 WIB.

"Secara umum kegiatan tersebut untuk mengurangi angka pengangguran di Provinsi Jateng dengan melibatkan puluhan perusahaan yang bergerak di bidang garmen, elektronik, dan administrasi," kata Chief of Party USAID Ready To Work Accelerator Program (RWAP) Toto Purwanto di Semarang, Selasa.

Ia mengungkapkan, ada 30 perusahaan yang sudah konfirmasi akan berpartisipasi pada lomba keterampilan kerja dan bursa kerja mendatang.

Menurut dia, tersedia ratusan lowongan pekerjaan dari perusahaan yang berpartisipasi dan seminar gratis dari Microsoft mengenai kesiapan kerja.

"Tersedia laptop untuk melamar pekerjaan secara `online`. Oleh karena itu para pelamar diimbau membawa CV (Curiculum Vitae) sebanyak-banyaknya, baik yang sudah dicetak maupun dalam bentuk `soft copy`," ujarnya.

Terkait dengan masih cukup tingginya angka pengangguran di Provinsi Jateng, Toto menegaskan pihaknya bersama pemangku kepentingan yang terkait terus berupaya mengatasinya dengan memberikan pelatihan keterampilan kerja.

"Kami memberikan keterampilan bagi anak muda, terutama yang kurang mampu sehingga bisa menjadi lebih produktif dan mengurangi angka pengangguran serta meningkatkan perekonomian," katanya.

Ia menyebutkan, melalui lomba keterampilan kerja dan bursa kerja mendatang, masyarakat bisa melihat hasil pelatihan yang diberikan pihaknya bersama pemerintah setempat.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024