Mensos perintahkan pendamping PKH terus perhatikan data penerima

id PKH,mensos

Mensos perintahkan pendamping PKH terus perhatikan data penerima

Acara Koordinasi Teknis dan Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan, di Purbalingga, Jumat (20/11/2020). ANTARA/HO-Humas Purbalingga

Purbalingga (ANTARA) - Menteri Sosial Juliari P. Batubara meminta para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) terus memperhatikan data penerima agar tepat sasaran.

"Kami berpesan agar pendamping PKH terus memperhatikan data penerima, agar dilihat lagi data-datanya, agar dapat tepat sasaran," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat, usai acara Koordinasi Teknis dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada para pendamping PKH di Kabupaten Purbalingga yang selama ini telah bekerja dengan sangat baik.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menginformasikan bahwa pada 2021 penderita penyakit TBC akan masuk sebagai komponen penerima PKH.

Hal itu, tambah dia, merupakan instruksi dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Pepen Nazaruddin menambahkan bahwa pada 2020 Kemensos telah mengucurkan dana PKH sebanyak Rp189 miliar dan disalurkan kepada 59.901 keluarga penerima manfaat di Kabupaten Purbalingga.

Penjabat Sementara Bupati Purbalingga Sarwa Pramana mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Kemensos atas bantuan PKH yang selama ini telah diberikan.

Ia juga berharap program ini akan bisa berkontribusi dalam rangka menekan kasus kekerdilan dan dapat menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Purbalingga.

"Mudah-mudahan dengan adanya program PKH ini bisa berkontribusi besar dalam mengurangi kasus kekerdilan atau stunting di Kabupaten Purbalingga, selain itu juga dapat menurunkan angka kemiskinan, hal itu mengingat data kemiskinan di wilayah ini masih sebesar 15,03 persen," katanya.

Ia berharap, program PKH mengurangi beban masyarakat di wilayah setempat, khususnya mereka yang saat ini sedang hamil dan lain sebagainya.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan dari Kemensos untuk Kabupaten Purbalingga selama ini," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar