Liburan panjang usai, ini yang wajib dilakukan untuk lindungi diri & keluarga

id usai liburan,liburan masa pandemi,cegah covid liburan

Liburan panjang usai, ini yang wajib dilakukan untuk lindungi diri & keluarga

Ilustrasi. Pixabay

Jakarta (ANTARA) - Terlepas lokasi mana yang Anda pilih selama masa liburan akhir pekan ini dan kendaraan apa yang Anda naiki, ada sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan untuk melindungi diri dan keluarga Anda dari COVID-19.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengungkapkan ada risiko Anda terpapar COVID-19 selama perjalanan dan Anda mungkin merasa sehat dan tidak menunjukkan gejala apa pun.

Anda juga berisiko menyebarkan virus ke orang lain, termasuk keluarga yang tidak ikut Anda berlibur, selama 14 hari setelah Anda terpapar virus.

Untuk itu, CDC merekomendasikan:

1. Anda wajib menjaga jarak setidaknya dua rentangan tangan saat berada di sekitar orang lain. Hal ini penting dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan.

2. Pakai masker untuk menutupi hidung dan mulut saat berada di luar rumah, sering mencuci tangan atau gunakan pembersih tangan (dengan setidaknya 60 persen alkohol).

3. Jaga kesehatan Anda, cari tahu gejala COVID-19 dan segera ukur suhu tubuh jika Anda merasa sakit.

Beberapa jenis perjalanan dan aktivitas dapat membuat Anda berisiko lebih tinggi terpapar COVID-19, yakni berada di kondisi cenderung banyak orang di dalamnya, misalnya di acara pernikahan teman, mantan, saudara, berada di restoran dan sarana transportasi publik.

4. Jika Anda menyadari terlibat aktivitas berisiko lebih tinggi atau berpikir mungkin terpapar selama perjalanan, lakukan tindakan pencegahan ekstra untuk melindungi orang lain selama 14 hari setelah Anda tiba, yakni menjaga jarak setidaknya dua rentangan tangan saat berada di sekitar orang lain, mengenakan masker dan sering mencuci tangan atau gunakan pembersih tangan.

5. Tetaplah di rumah sebisa mungkin, hindari berada di dekat orang-orang yang berisiko tinggi bisa terkena penyakit parah akibat COVID-19 dan pertimbangkan untuk menjalani tes COVID-19.
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar