Longsor Majatengah akibatkan dua rumah rusak

id longsor,Banjarnegara,Tanah bergerak

Longsor Majatengah akibatkan dua rumah rusak

Rumah rusak akibat tanah bergerak di Majatengah, Banjarmangu, Banjarnegara, Kamis (20/2/2020). ANTARA/HO-BPBD Banjarnegara

Banjarnegara (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara menginformasikan kejadian tanah longsor dan tanah bergerak di Desa Majatengah telah mengakibatkan dua rumah rusak berat.

"Dua rumah mengalami rusak berat dan tiga lainnya rusak ringan akibat longsor dan tanah bergerak di Desa Majatengah, Kecamatan Banjarmangu," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara Agus Haryono di Banjarnegara, Jumat.

Dia menambahkan longsor terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah itu pada Kamis (20/2).

"Pada saat ini penanganan telah dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD, TNI/Polri hingga relawan," katanya.

Dia mengatakan tim gabungan telah meminta warga yang rumahnya terdampak bencana untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan.

"Dikhawatirkan terjadi longsor susulan jika hujan turun lagi, terutama jika hujan dengan intensitas tinggi dan durasi yang lama," katanya.

Dia menambahkan selain melakukan penanganan di lokasi longsor, pihaknya juga melakukan sosialisasi mengenai kebencanaan kepada masyarakat yang ada di wilayah setempat.

Dia juga meminta warga untuk segera melaporkan kepada BPBD apabila menemukan tanda-tanda rekahan tanah di wilayahnya masing-masing.

Da mengatakan BPBD Banjarnegara menyiagakan posko 24 jam guna mengantisipasi kejadian bencana selama puncak musim hujan.

"BPBD Banjarnegara terus meningkatkan kesiapsiagaan khususnya selama puncak musim penghujan ini," katanya.

Baca juga: 4 korban tewas satu keluarga akibat tertimbun dinding roboh

Baca juga: Tanah bergerak di Kayuares, warga Banjarnegara diimbau waspada

Pewarta :
Editor: Nur Istibsaroh
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar