Kudus calon kuat tuan rumah Porprov 2022

id Kudus semakin dekat, menjadi tuan rumah, Porprov 2022,porprov jateng

Kudus calon kuat tuan rumah Porprov 2022

Gerbang Kudus Kota Kretek. ANTARA/Yusuf Nugroho

Kudus (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI pada tahun 2022 bersama lima kabupaten lain di wilayah Keresidenan Pati, kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kudus Antoni Alfin.

"Persentasenya Kabupaten Kudus bakal menjadi tuan rumah Porprov bersama lima kabupaten lain bisa mencapai 90-an persen. Terlebih merujuk pernyataan dari provinsi terkait upaya pemerataan karena selama ini Kudus dan sekitarnya memang belum pernah," ujarnya di Kudus, Kamis.

Beberapa waktu lalu, kata dia, tim verifikasi dan validasi dari Provinsi Jateng juga sudah datang ke Kudus, sekaligus mengecek persiapan sarana dan prasarana pendukungnya.

Baca juga: Optimistis jadi tuan rumah Porprov 2022, Kudus terus bersiap diri

Hanya saja, lanjut dia, untuk pembukaan dimungkinkan di Kabupaten Jepara yang juga atas rekomendasi dari tim verifikasi dan validasi Porprov Jateng.

Alasan Kabupaten Jepara lebih dipilih untuk pembukaan Porprov 2022, karena alasan ketersediaan tempat parkirnya yang cukup luas serta ketersediaan hotel berbintang tiga.

Kabupaten Kudus sendiri dianggap tidak memiliki lahan parkir yang cukup memadai, sedangkan hotel berbintang tiganya juga belum ada.

Pada saat pembukaan, kata dia, dimungkinkan akan ada tamu VIP sehingga harus menginap di hotel berbintang tiga.

Terkait dengan sarana olahraga di Kabupaten Kudus, kata dia, pada saat Porprov 2022 nanti, sebagian besar sudah siap, meskipun masih ada yang kurang terutama untuk atletik masih menunggu pembangunan.

Sesuai rencana Kabupaten Kudus akan menyelenggarakan delapan cabang olahraga, yakni atletik, anggar, basket, bulu tangkis, biliard, hoki, tenis meja, dan voli pantai.

Untuk atletik bakal digelar di Stadion Wergu Wetan, anggar di gedung serbaguna Balai Jagong, basket di GOR IAIN, bulu tangkis di GOR PB Djarum, biliard di Markas Stadium, hoki di GOR Bung Karno, tenis meja di GOR Sukun, dan voli pantai di Training Center Jekulo.

Sementara cabang lainnya, digelar di Kabupaten Pati, Jepara, Rembang, Blora dan sisanya akan memanfaatkan "venue" atau arena milik Kabupaten Grobogan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus Joko Susilo membenarkan Kudus memang mendapatkan lampu hijau menjadi tuan rumah Porprov 2022 bersama kabupaten tetangga.

Terkait dengan lintasan atletik, katanya, akan segera dibangun, namun pembangunannya tentu menunggu perbaikan GOR Wergu selesai karena jika didahulukan bisa rusak akibat aktivitas pekerja.

"Harapannya, saat pembukaan digelar di Kabupaten Kudus karena sejak awal memang menginginkan menjadi tuan rumah, termasuk pembukaannya," ujarnya.

Baca juga: Lima kabupaten dukung Kudus jadi tuan rumah porprov
Baca juga: Kudus siap jadi tuan rumah Porprov Jateng 2022
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar