Bandara Adi Soemarmo terjunkan anjing pelacak K-9

id Adi Soemarmo turunkan, K 9 tingkatkan pengaman Natal

Bandara Adi Soemarmo terjunkan anjing pelacak K-9

Aparat Keamanan bandara bersama tim anjing pelacak (K-9) saat melakukan pemeriksaan mobil penumpang di pintu masuk parkir kendaraan Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Senin. ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

Boyolali (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo bersama TNI Angkatan Udara setempat memperketat pengamanan dengan menurunkan tim anjing pelacak (K-9) menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 di kawasan masuk parkir Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jateng, Senin.

Tim K-9 TNI AU Lanud Adi Soemarmo bersama Personil Airport Security melakukan pemeriksaan atau sweeping setiap kendaraan baik roda dua maupun empat yang masuk ke halamam parkir bandara dengan melibatkan tim K-9.

Baca juga: Anjing pelacak diterjunkan untuk pengamanan Stasiun Purwokerto

Menurut General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman pihak bandara bersinergi dengan TNI AU melakukan sweeping dengan melibatkan anjing pelacak, sebagai langkah antisipasi bandara tetap terjaga aman dan nyaman.

"TNI AU menurunkan tim K-9 untuk membantu mendeteksi adanya bahan peledak dan narkoba di kawasan bandara," kata Usman.

Menurut dia, peningkatan keamanan tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan agar bandara tetap kondusif, dan mencegah terjadinya kejadian yang melanggar hukum selama Natal dan Tahun Baru 2020.

“Kami berharap melalui sinergi ini, pelayanan dan peningkatan keamanan kepada pengguna jasa angkutan udara menjelang Natal dan Tahun Baru semakin meningkat," katanya.

Baca juga: Polres Batang kerahkan anjing pelacak antisipasi teror

Selain itu, lanjut dia, seluruh pengguna jasa khususnya yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru melalui Bandara Adi Soemarmo, juga dapat menikmati keamanan dan kenyamanan di bandara.

Dia mengatakan Angkasa Pura I Adi Soemarmo, sebelumnya juga telah digelar Posko bersama untuk memberikan pelayanan kesehatan dan layanan data yang melibatkan beberapa instansi.

Hal tersebut, selain Angkasa Pura I, juga Lanud Adi Soemarmo, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Imigrasi, Bea Cukai, Maskapai, Groundhanling, Airnav, dan Asuransi.

"Pengamanan bandara jelang Natal dan Tahun Baru melibatkan 36 personel yang terdiri dari 15 petugas Angkasa Pura, 15 petugas TNI AU Lanud Adi Soemarmo, dan enam petugas KKP," katanya.

Posko bersama di Bandara Internasional Adi Soemarmo di Boyolali tersebut mulai dilaksanakan, pada Minggu (22/12) hingga tanggal 6 Januari mendatang.

Tim K-9 selain memeriksa kendaraan masuk pintu halaman parkir bandara juga terhadap barang bawaan penumpang saat masuk ke bagasi pesawat terbang.
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar