Lumbung Ternak Wakaf - ACT perkuat peran wakaf

id act, lumbung ternak wakaf

Lumbung Ternak Wakaf - ACT perkuat peran wakaf

Relawan ACT di tengah peternakan yang dikelola. ACT

Semarang (ANTARA) - Global Wakaf dari Aksi Cepat Tanggap kembali menggaungkan Lumbung Ternak Wakaf (LTW) di Desa Cintabodas, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (11/12). 

Peluncuran LTW Tasikmalaya merupakan bentuk ikhtiar Global Wakaf dalam menebarkan spirit berwakaf kepada masyarakat. Bahwasanya, peran wakaf amat kuat dalam pemberdayaan masyarakat.

Peluncuran LTW Tasikmalaya turut dihadiri 1.400 penerima manfaat yang berasal dari dari Desa Cintabodas dan sekitarnya. Pejabat daerah, antara lain Bupati Tasikmalaya dan Kepala Dinas Pertanian, turut diundang dalam acara ini.

Pada kegiatan tersebut, Global Wakaf akan memaparkan pengelolaan LTW kepada masyarakat, mulai dari pembibitan domba, penggemukkan, kebersihan domba, pemberian pakan, pembuatan pakan konsentrat, pembudidayaan rumput odot, hingga penggilingan kotoran domba menjadi pupuk organik yang digunakan untuk menyuburkan rumput odot.

Selain ternak, Lumbung Beras Wakaf (LBW) juga kembali diperkenalkan dalam acara ini. Armada Humanity Rice Truck turut dihadirkan untuk membagikan manfaat kepada masyarakat. 

Supriyadi dari Tim Global Wakaf menerangkan melalui peluncuran LTW Tasikmalaya, kepedulian masyarakat untuk berwakaf semakin tinggi. 

Sebab, kata Supriyadi, ada begitu banyak manfaat yang dapat diterima masyarakat melalui wakaf produktif seperti program LTW Tasikmalaya ini.

"Bukan sekedar hasil, dalam hal ini LTW Tasikmalaya, tetapi di balik itu ada hal yang lebih besar, yakni pemberdayaan masyarakat," jelas Supriyadi.

Selain ekonomi, LTW Tasikmalaya juga berdampak sosial keagamaan dan pendidikan.

 "Melalui LTW, kami juga melakukan pembinaan keagamaan, juga fasilitas les gratis untuk anak-anak di Desa Cintabodas," tambah Supriyadi.

Sejalan dengan itu, Sri Suroto Kepala Cabang ACT Jawa Tengah (ACT Jateng) menyambut baik hadirnya LTW di Tasikmalaya. 

“Saat di Tasikmalaya terdapat LTW, Alhamdulillah di Jawa Tengah hadir Lumbung Beras Wakaf (LBW) yang berada di Desa Jipang, Kecamatan Cepu Kabupaten Blora,” terangnya.

Menurut Suroto, LBW memiliki gudang logistik dan peralatan produksi beras untuk mengolah beras-beras berkualitas petani di Blora sekaligus memberdayakan petani lokal. 

“Program LBW hadir menjawab permasalahan umat, yakni kemiskinan dan ketahanan pangan, program LBW menggerakkan kepedulian umat dalam mengatasi masalah pangan dari sisi hulu, serta didukung dengan kehadiran armada humanity rice truck dan humanity food truck untuk disisi hilirnya," pungkas Suroto. ***
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar