Mahasiswa UMP juara 1 Kontes Robot Line Nasional di Unnes

id kontes robot, universitas muhammadiyah purwokerto

Mahasiswa UMP juara 1 Kontes Robot Line Nasional di Unnes

Dio Yudha Saputra (kanan) menunjukkan piala yang diraih Eleanor 45 UMP dalam ajang Robo Line Contest 2019 di Universitas Negeri Semarang. (ANTARA/HO-UMP)

Selama masuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, robot Eleanor 45 UMP ini sudah sering menang...
Purwokerto (ANTARA) - Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Dio Yudha Saputra berhasil meraih juara 1 pada Kontes Robo Line Follower Microcontroller Tingkat Nasional (Robo Line Contest 2019) di Universitas Negeri Semarang.

Dalam kompetisi yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Profesi Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang (Unnes), di Gedung C7 Unnes, 2-3 November 2019, robot Eleanor 45 UMP karya Dio berhasil mengalahkan puluhan kontestan lainnya.

"Selama masuk kuliah di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, robot Eleanor 45 UMP ini sudah sering menang. Selain di Robo Line Contest 2019, Eleanor 45 UMP juga meraih juara 1 kategori Robo Line Follower Microcontroller dalam ajang Line Follower Competition Metalical 2019 se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Tidar Magelang," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan dalam Robo Line Contest 2019, semangat juang Eleanor 45 UMP tidak sia-sia karena menaklukkan 20 robot dari berbagai perguruan tinggi hingga akhirnya menyandang predikat juara 1 setelah melawan Mega Wislow dari Unnes.

Baca juga: Tiga mahasiswa S1 Keperawatan UMP kuliah di MSU Malaysia

Menurut dia, pertarungan antara Eleanor 45 UMP dan Mega Wislow pada babak final berlangsung panas namun berkat strategi yang baik, robot asal Universitas Muhammadiyah Purwokerto itu mampu mencatatkan waktu 16 menit 52 detik sedangkan robot asal Unnes mencatatkan waktu 17 menit 21 detik.

"Alhamdulillah Eleanor 45 UMP sangat senang dan bersyukur dapat menjuarai Kontes Robo Line Follower Microcontroller Tingkat Nasional dalam acara Robo Line Contest 2019. Keberhasilan ini tidak luput dari usaha Eleanor 45 UMP, bimbingan dari dosen pembimbing, dan doa dari berbagai pihak," katanya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik dan Sains UMP Muhamad Taufiq Tamam, M.T. mengatakan Eleanor 45 UMP berhasil meraih juara 1 dalam kontes yang digelar di Untidar maupun Unnes.

Menurut dia, hal itu menunjukan bahwa Fakultas Teknik dan Sains UMP benar-benar berkualitas.

"Sudah saatnya kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa UMP atau Prodi Teknik Elektronik sarat dengan prestasi, sudah bisa bersaing dalam prestasi dengan perguruan tinggi lain," katanya.(tgr)

Baca juga: Mahasiswa UMP sabet juara II di Puspitek Short Movie Competition
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar