Apresiasi seniman, Ganjar bakal terus gelar Festival Teater Jawa Tengah

id festival teater

Apresiasi seniman, Ganjar bakal terus gelar Festival Teater Jawa Tengah

Gubernur Ganjar Pranowo saat menghadiri Festival Teater Jawa Tengah 2019. (Foto:Wisnu Adhi)

Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berencana terus menggelar Festival Teater tiap tahun sebagai salah satu proses kreatif para seniman muda.

Hal tersebut diungkapkan Ganjar usai menonton pertunjukann "Ibu, di Rahimmu Aku Bermain Bersama Bapak" dari Teater KESET Kudus sebagai penampil pertama di malam kedua Festival Teater Jawa Tengah 2019, Jumat (25/10) malam.

Sebanyak 25 kelompok teater se-Jateng unjuk kebolehan di ajang Festival Teater Jawa Tengah 2019 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng 24-26 Oktober 2019 di gedung Radio Republik Indonesia Semarang.

Penampilan 25 kelompok teater tersebut dinilai oleh tiga dewan juri, Hanindawan, Luhur Kayungga, Yopi Hendrawan.

Menurut Ganjar, jalinan kerja sama antara Pemprov Jateng dengan seniman sangat dibutuhkan.

"Penting juga kerja sama dengan provinsi seperti ini sehingga fasilitasi ini bisa mewadahi mereka untuk kreatif," katanya.

Ganjar juga mengatakan ajang tersebut sebagai rangsangan gerakan kesenian dan  semestinya seniman semakin sering menampilkan pertunjukan di manapun, bahkan termasuk ruang-ruang terbuka.

Baca juga: Festival Sastra Jawa Tengah jadi agenda tahunan Pemprov Jateng

"Selain mengasah kepekaan juga mengedukasi masyarakat. Kalau mereka tampil di banyak tempat akan menggairahkan anak-anak muda untuk berkesenian. Mungkin hari ini festival, tapi kain kali saya pengin lihat tiba-tiba ada penampilan di 'car free day' atau dimanapun sehingga pesannya ditangkap masyarakat dan dinikmati," ujarnya.

Seperti diketahui, salah satu program utama Gubernur Ganjar pada periode kedua ini adalah pembangunan sumber daya manusia, bahkan Festival Teater ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng setelah festival sastra, tari, dan film yang sudah terselenggara bulan pada lalu.

Ganjar bahkan mengaku tertantang untuk bermain teater, apalagi selama ini dirinya juga dikenal sebagai salah satu aktor ketoprak yang berulangkali naik panggung.

"Menarik juga, tapi itu tidak mudah. Jangan pernah berhenti berkreasi semoga muncul aktor-aktor keren dari Jateng," katanya. (LHP)
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar