Netflix uji coba fitur "Collections" untuk permudah pencarian film

id Netflix

Netflix uji coba fitur

logo Netflix (Reuters)

Jakarta (ANTARA) - Netflix sedang menguji coba fitur bernama "Collections" agar pengguna lebih mudah mencari film atau acara televisi yang ingin mereka tonton di layanan streaming tersebut.

"Kami selalu mencari cara baru untuk terhubung dengan penggemar kami, dengan judul-judul yang kami rasa mereka akan suka. Jadi, kami menguji coba cara baru untuk mengkurasi judul di Netflix ke dalam 'Collections' di aplikasi Netflix untuk iOS," kata juru bicara Netflix, dikutip dari laman TechCrunch.

Fitur Collections saat ini hanya tersedia untuk segelintir pengguna Netflix di perangkat iOS.

"Uji coba kami biasanya bervariasi, berapa lama dan di negara mana. Fitur ini itu juga bisa jadi, atau tidak, permanen di layanan kami," kata Netflix.

Collections berbeda dengan saran (suggestion) yang selama ini diberikan Netflix berdasarkan apa yang pernah ditonton.

Collections disusun oleh tim kreatif Netflix, dengan membuat kategori berdasarkan faktor yang sama genre, jalan cerita dan sifat karakter.

Fitur itu akan mempersempit kategorisasi yang ada di Netflix saat ini, misalnya Action, Drama, Romance dan Sci-Fi. Rekomendasi yang diberikan melalui Collections akan lebih spesifik dibandingkan rekomendasi saat ini yang berbasis algoritme.

Netflix juga akan memasukkan judul-judul yang sedang populer dan jadi tren di platform tersebut.

Cara mengecek Collections

Jika pengguna iOS terpilih menjadi peserta uji coba, Collections dapat ditemukan di kanan atas laman utama Netflix, tempat yang biasanya diisi fitur My List.

Collections berisi grup editorial seperti "Let's Keep It Light", "Dark and Devious TV Shows", "Prizewinning Movie Picks", "Watch, Gasp, Repeat" dan "Women Who Rule the Screen".

Setelah salah satu grup diklik, akan muncul thumbnail rekomendasi film.

Baca juga: Facebook dekati Netflix dan Disney, ada apa?

Baca juga: "The Office" tinggalkan Netflix pada 2021

 
Pewarta :
Editor: Antarajateng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar