Mahasiswa Polbangtan YoMa beri penyuluhan budi daya itik petelur di Desa Pulau Majang

id polbangtan, wilayah perbatasan, ternak itik petelur

Mahasiswa Polbangtan YoMa beri penyuluhan budi daya itik petelur di Desa Pulau Majang

Mahasiswa memberi percontohan pembuatan kandang itik petelur di Desa Pula Badau, Kabupaten Kapuas Hulu. ANTARA/HO-Polbangtan YoMa

Kabupaten Magelang (ANTARA) - Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) melakukan pendampingan warga di wilayah perbatasan dengan memberi penyuluhan budi daya itik petelur di Desa Pulau Majang, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapus Hulu, Kalimantan Barat pada 1 Agustus 2019.

Mahasiswa memberikan penyuluhan dengan cara penyampaian yang sederhana agar mudah diterima masyarakat

Mahasiswa juga membuatkan kandang percontohan untuk ternak itik agar masyarakat tahu kandang yang tepat untuk memulai berternak itik petelur. 

Dharmawan, S. PKP, MM selaku perwakilan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan bahwa Desa Pulau Majang ini sengaja dipilih untuk mendapatkan bantuan serta pengetahuan tentang budi daya itik petelur karena melihat potensi di Pulau Majang sangat mendukung.

"Masyarakat di sini banyak yang menangkap ikan dan mengolah ikan, tapi limbah dari ikan itu hanya terbuang sia-sia. Padahal kita bisa memanfaatlan limbah itu untuk tambahan pakan bagi ternak," katanya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa hal ini merupakan salah satu cikal bakal bagi Desa Pulau Majang untuk menjadi sentra telur itik di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Harapannya, setelah kegiatan ini masyarakat mau memulai berternak itik dengan memanfaatkan potensi yang ada supaya ke depan Pulau Majang bisa menjadi pusatnya telur itik di Kapuas Hulu," demikian Dharmawan. (PolbangtanYoMa/Tantyanuar)
 
Pewarta :
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar