Peringati HUT RI, KAI gratiskan tiket Prameks

id tiket gratis,kereta api,hut ri

Peringati HUT RI, KAI gratiskan tiket Prameks

KA Prameks relasi Kutoarjo-Yogyakarta-Solo saat berhenti di Stasiun Kutoarjo. (Foto: Dok. KAI Purwokerto)

Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menikmati perjalanan menggunakan KA Prameks relasi Kutoarjo-Yogyakarta-Solo dengan tarif Rp0 alias gratis dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Selain KA Prameks, tiket dengan tarif Rp0 alias gratis ini juga diberikan untuk KA lokal atau komuter bersubsidi dan KA perintis. Tiket dengan harga Rp0 alias gratis ini hanya berlaku pada hari Sabtu, tanggal 17 Agustus 2019," kata Manajer Humas PT KAI (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis malam.

Selain untuk menyemarakkan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, kata dia, pemberlakuan tiket dengan tarif Rp0 alias gratis itu juga dalam rangka sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api.

Ia mengatakan khusus di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto, hanya KA Prameks relasi Kutoarjo-Yogyakarta-Solo pergi pulang yang mendapatkan promo tiket Rp0 alias gratis.

"Meskipun gratis, masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp0 yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara 'go-show' mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA Prameks," katanya.

Baca juga: Hari Anak, KAI Purwokerto edukasi anak-anak TK mengenai perkeretaapian

Menurut dia, kuota tiket gratis tersebut sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api.

Sementara bagi penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, kata dia, bisa mengambil pengembalian bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan KA.

"Syarat untuk mengambul pengembalian bea tiket, yakni penumpang harus menunjukkan tiket atau 'boarding pass' atau 'e-boarding pass' kepada petugas di stasiun kedatangan," katanya.

Supriyanto mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin tiket promo Rp0 tersebut dan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan bagi mereka.

Kendati menggratiskan tiket KA lokal/komuter dan KA perintis pada tanggal 17 Agustus 2019, dia mengatakan PT KAI (Persero) tetap mengutamakan keselamatan maupun keamanan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya.

Baca juga: Tarif reduksi penumpang KA mulai diterapkan 1 September
Pewarta :
Editor: Wisnu Adhi Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar