Peringati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, DKPP Purbalingga gelar lomba memancing

id lomba memancing, HUT Ke 74,Kemerdekaan RI

Peringati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI, DKPP Purbalingga gelar lomba memancing

Peserta lomba memancing dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI beradu ketangkasan di Kolam Pemancingan DKPP Kabupaten Purbalingga, Selasa (13/8/2019). (Foto: Dok. Dinkominfo Purbalingga)

Purbalingga (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menggelar Lomba Memancing Bersama Antar-Pelaku Usaha Perikanan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lomba memancing yang diikuti 100 peserta tanpa dipungut biaya itu digelar di Kolam Pemancingan DKPP Kabupaten Purbalingga, Selasa.

"Lomba memancing merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan DKPP Kabupaten Purbalingga setiap peringatan HUT Kemerdekaan RI," kata Kepala Seksi Pengembangan Nelayan Kecil dan Perizinan DKPP Kabupaten Purbalingga Hari Setiyati.

Baca juga: Jelang HUT RI, perajin bendera di Solo banjir pesanan

Kendati demikian, dia mengatakan lomba memancing kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu melibatkan instansi atau organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga.

Akan tetapi, kata dia, lomba memancing kali ini ditujukan untuk para pelaku usaha perikanan sesuai dengan aspirasi yang mereka sampaikan kepada DKPP Kabupaten Purbalingga.

"Mereka juga membutuhkan ajang lomba memancing sebagai hiburan atau melepas lelah. Bahkan, lomba memancing ini juga mampu menjadi ajang komunikasi dan bisnis antarpelaku usaha perikanan," katanya.

Baca juga: HUT ke-74 RI, 200 penari soreng Magelang bakal tampil di Istana Negara

Lebih lanjut, Hari mengatakan peserta lomba memancing tersebut terdiri atas pembudidaya ikan hias, nelayan, serta anggota kelompok pengolah dan pemasar perikanan (Poklasar).

Menurut dia, ikan yang dipancing itu disediakan oleh para pembudidaya ikan lele hingga terkumpul sebanyak 300 kilogram, sedangkan ikan yang dilombakan sebanyak tujuh ekor dengan berat 1-3 kilogram.

"Lomba memancing ini didukung oleh PT Astra Honda Motor Cabang Purbalingga yang memberikan hadiah sebesar Rp500 ribu bagi juara pertama. Demikian pula dengan juara kedua hingga harapan kedua juga mendapat hadiah," katanya.

Ia mengatakan ke depan, lomba memancing semacam itu rencananya akan digelar minimal dua kali dalam setahun, yakni saat peringatan HUT RI dan Hari Jadi Kabupaten Purbalingga.
Pewarta :
Editor: Sumarwoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar