Pabrik rokok diharapkan serap semua tembakau Temanggung

id serapan tembakau

Pabrik rokok diharapkan serap semua tembakau Temanggung

Bupati Temanggung M. Al Khadziq (Heru Suyitno)

Temanggung (ANTARA) - Sejumlah pabrik rokok diharapkan bisa menyerap semua tembakau petani di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada masa panen 2019 kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq.

"Saya sudah komunikasi dengan beberapa pabrik rokok tahun ini akan meningkatkan penyerapan tembakau dari petani dan saya berharap semua tembakau petani bisa diserap oleh industri," kata Al Khadziq di Temanggung, Senin.

Ia menuturkan beberapa pabrik rokok besar siap untuk menyerap tembakau Temanggung sampai habis.

Ia menyebutkan setiap tahun kapasitas produksi tembakau di Temanggung sekitar 12.000 ton, tetapi salah satu pabrik rokok di Jawa Timur sanggup untuk membeli sampai 16.000 ton.

"Saya berharap mudah-mudahan semua bisa terserap industri. Semoga tahun ini musimnya bagus dan kualitas tembakau juga bagus sehingga harganya mahal. Saya dengar pada awal panen ini harganya sudah lumayan, semoga harganya terus naik lagi seiring dengan kualitas tembakau yang semakin bagus," katanya.

Baca juga: Sering dibodohi, petani Temanggung minta pembelian tembakau secara tunai

Ia meminta kesadaran petani untuk menjaga kualitas tembakau Temanggung dan juga para pedagang dan pihak industri untuk mengutamakan tembakau Temanggung.

Ia juga mengimbau para petani untuk selektif memilih pembeli, jangan asal pembeli yang menawarkan harga tinggi karena banyak kasus pembeli menawarkan harga tinggi tetapi tidak dibayar.

"Mereka hanya memberi uang muka tetapi setelah itu ditinggal pergi sehingga petani merugi. Mari mulai kita hindari bersama hal-hal seperti ini agar dalam membangun dunia pertembakauan semakin baik untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia menyampaikan sekarang petani sudah mulai panen, informasinya dalam waktu dekat pabrikan sudah membuka gudang untuk melakukan pembelian tembakau.

Menyinggung sistem tata niaga pertembakauan, dia mengatakan kalau ada kekurangan mari dikoreksi bersama-sama, semua pihak saling introspeksi.

Baca juga: Temanggung akan tertibkan izin gudang tembakau
Baca juga: Sistem "grader" rugikan negara dan petani tembakau
Baca juga: Petani Gunung Merbabu gelar tradisi "Tungguk Tembakau"
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar