Pengamat Unsoed ingatkan pentingnya sektor maritim dikembangkan

id nelayan,maritim

Pengamat Unsoed ingatkan pentingnya sektor maritim dikembangkan

ILustrasi - Nelayan beraktivitas di sekitar karamba budi daya ikan air tawar di Danau Rawa Pening, Desa Asinan, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). (ANTARA FOTO/AJI STYAWAN)

Peran perbankan baik konvensional maupun syariah dalam memberi modal operasional untuk nelayan melaut akan sangat membantu nelayan

Purwokerto (ANTARA) - Pengamat ekonomi perikanan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Teuku Junaidi mengingatkan mengenai pentingnya pengembangan sektor maritim dan perikanan.

"Pengembangan sektor maritim dan perikanan perlu terus ditingkatkan dan diintensifkan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis.

Dia menambahkan dalam upaya pengembangan sektor maritim dan perikanan, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, di antaranya soal peningkatan sumber daya manusia dan aspek permodalan. 

Dia menjelaskan peningkatan sumber daya manusia harus menjadi prioritas utama.

"Sebagian nelayan dan petani ikan, kemampuannya masih terbatas pada ilmu dan pengalaman secara turun temurun karena itu perlu terus dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia bidang perikanan," katanya.

Menurut dia, sifat dari masyarakat pesisir yang dinamis akan menjadi modal dalam upaya peningkatan sumber daya manusia. 

Baca juga: Nelayan Pekalongan antre lelang hasil tangkapan ikan

Ia juga mengingatkan mengenai pentingnya aspek permodalan bagi nelayan.

"Aspek permodalan bagi nelayan perlu menjadi perhatian khusus. Peran perbankan baik konvensional maupun syariah dalam memberi modal operasional untuk nelayan melaut akan sangat membantu nelayan," katanya.

Dia juga mengingatkan pentingnya pemberian pelatihan bagi para nelayan untuk meningkatkan kesejahteraannya. 

"Karena kegiatan nelayan sangat tergantung dengan musim, maka pemanfaatan lahan yang menjadi ekosistem pesisir berupa hamparan padang berpasir dapat dimanfaatkan oleh keluarga nelayan untuk pengembangan pertanian di lahan berpasir," katanya.

Untuk itu, kata dia, pemberian pelatihan dan modal kerja bagi nelayan akan dapat menjadi bagian penting bagi upaya pengembangan sektor maritim.

"Program pemberdayaan masyarakat pesisir dalam hal ini masyarakat nelayan perlu menjadi program prioritas," katanya.

Baca juga: Kemenko Maritim Dorong Realisasi Asuransi Nelayan Jateng
 

Pewarta :
Editor: Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar