Presiden berpesan kepada pengemudi berhati-hati saat melintas tol

id Preside, jalan tol

Presiden berpesan kepada pengemudi berhati-hati saat melintas tol

Presiden RI Joko Widodo didampingi sejumlah menteri dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta Kapolda Irjen Polisi Condro Kirono menekan tombol sebagai tanda peresmian tol Semarang-Batang dan Batang-Pemalang, Kamis. (Foto: Kutnadi)

Batang (Antaranews Jateng) - Presiden RI Joko Widodo berpesan kepada para pengguna tol agar berhati-hati saat mengemudikan kendaraannya di tol Trans-Jawa karena kondisi jalan yang sangat mulus.

     "Sepanjang 349 kilopmeter, saya naik bus (kondisi jalan) mulus, nyaman bahkan saya sempat tidur sebentar. (Oleh karena) justru hati-hati, jangan sampai sopir menjalankan kendaraannya terlalu cepat untuk keselamatan penumpang," kata Presiden Jokowi usai meresmikan jalur tol Semarang-Batang dan Pemalang-Batang di Jembatan Kalikuto, perbatasan wilayah Kabupaten Batang-Kendal, Kamis.

     Presiden pun sempat menceritakan pengalamannya saat naik bus melintas di jalur tol dengan kecepatan 90 kilometer per jam hingga 100 kilometer per jam yang tidak terasa karena kondisi jalan yang mulus dan nyaman.

     Kendati demikian, kata Presiden, bagi pengemudi mobil pribadi harus berhat-hati saat melintas di jalur tol Trans-Jawa tersebut.

     "Bagi pengemudi mobil pribadi akan menjalankan kendaraan terlalu cepat namun harus hati-hati," kata Jokowi. 

     Menurut dia, dengan tersambungnya pembangunan tol Trans-Jawa sepanjang 933 kilometer ini maka hal ini merupakan sejarah jalur transportasi di Indonesia mulai dari Merak (Jakarta) hingga Grati Pasuruan, Jawa Timur.

     "Dampaknya, dengan selesainya pembangunantol Trans-Jawa ini akan membantu ekonomi yang lebih baik lagi. Saat ini tinggal membersihkan (sisa-sisa material bangunan)," katanya.

     Selain didamping Ibu Negara Iriana, ikut hadir pada peresmian jtol Semarang-Batang dan Pemalang-Batang, antara lain Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Kapolda Jateng Irjen Polisi Condro Kirono.
Pewarta :
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar