Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto menegaskan komitmen pada keselamatan operasional KA sesuai dengan tema Safety and Sustainability yang diusung dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 KAI.

Ditemui dalam kegiatan peringatan HUT Ke-79 KAI di halaman Kantor PT KAI Daop 5 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu, Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto Gun Gun Nugraha mengatakan tema tersebut diangkat untuk merepresentasikan bahwa safety menjadi prioritas utama dalam setiap operasional kereta api, memastikan keamanan penumpang, barang, serta lingkungan.

"Dengan inovasi dan teknologi terkini, KAI terus meningkatkan standar keselamatan demi memberikan perjalanan yang nyaman dan aman bagi masyarakat," katanya.

Sementara sustainability, kata dia, mencerminkan langkah nyata KAI dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui penggunaan energi ramah lingkungan, efisiensi operasional, dan pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan.

Dalam hal ini, lanjut dia, KAI mendukung terciptanya transportasi massal yang lebih hijau dan mendukung kesejahteraan generasi mendatang.

Lebih lanjut, dia mengatakan KAI Purwokerto memberikan apresiasi terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah memilih dan menggunakan KA sebagai moda transportasi pilihan.

"Kami mengajak masyarakat untuk senantiasa menggunakan kereta api sebagai transportasi massal yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan serta tepat waktu," katanya.

Selain itu, kata dia, KAI Purwokerto juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung kemajuan perkeretaapian Indonesia.

Terkait dengan hal itu, dia mengharapkan sinergi dan kolaborasi yang kontinyu terus terjalin untuk memajukan transportasi Indonesia.

"Sejalan dengan tema HUT Ke-79 KAI, Daop 5 Purwokerto pun turut berperan serta dalam perkembangan perkeretaapian berkelanjutan dan ramah lingkungan yang didukung dengan transformasi digital dalam aspek keselamatan dan pelayanan," katanya.

Menurut dia, pihaknya telah melakukan beberapa terobosan inovasi untuk meningkatkan layanan bagi seluruh pelanggan, bahkan berperan serta dalam komitmen global dan nasional terkait pembangunan berkelanjutan atau Suistainable Development Goals (SDGs).

Ia mengatakan dalam hal menjaga kelestarian lingkungan, pihaknya juga gencar mendukung pengurangan sampah plastik dengan mengurangi pemakaian plastik sekali pakai di kantor-kantor, depo, dan resor wilayah kerja KAI Purwokerto sekaligus menyediakan dispenser air isi ulang di Stasiun Purwokerto dan Stasiun Kroya yang dapat dinikmati pekerja maupun pelanggan.

Terkait dengan pemanfaatan energi, kata dia, pihaknya telah memasang panel surya di empat stasiun, yaitu Stasiun Purwokerto, Stasiun Cilacap, Stasiun Kutoarjo, dan Stasiun Kroya.

Sementara dalam penanganan perubahan iklim, lanjut dia, pihaknya menerapkan green operation serta berperan serta dalam Gerakan Sejuta Pohon setiap tahunnya yang dilaksanakan dengan penanaman aneka jenis tanaman hias, perdu, maupun buah-buahan di lingkungan kantor maupun stasiun-stasiun.

"Adapun untuk transformasi digital, kami telah menerapkan sistem boarding dengan e-boarding pass dan face recognition serta penggunaan aplikasi Access by KAI dengan fitur-fitur pendukung yang melengkapi untuk pemesanan, pembatalan tiket, perubahan jadwal, pemesanan makanan dan minuman, loco track, dan lainnya," kata Gun Gun.

Ia mengakui animo masyarakat untuk terus menggunakan moda transportasi kereta api menunjukkan peningkatan yang signifikan karena untuk tingkat okupansi angkutan penumpang sepanjang bulan Januari hingga 28 September 2024, pihaknya mencatat sebanyak 2.923.952 penumpang atau naik 119 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023 yang hanya mengangkut sejumlah 2.453.678 penumpang.

Sementara untuk angkutan barang, kata dia, untuk periode Januari hingga 28 September 2023 hanya mengangkut 1.041.202 ton, sedangkan pada periode yang sama tahun 2024 sebanyak 1.106.593 ton atau naik 6,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: KAI Purwokerto antisipasi 20 lokasi rawan gangguan alam

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024